Rumah Pintar Ini Bernama Isolee

Rumah Pintar Ini Bernama Isolee.

HarianDepok.com – Properti , Tiga arsitek Belanda telah berhasil merancang rumah pintar yang diberi nama Isolee. Rumah ini berukuran mini yang dirancang untuk keluarga yang mencintai rekreasi di alam terbuka. Apa saja kepintaran yang dimiliki rumah ini?

“Sekali pandang, rumah ini memang mirip dengan rumah-rumah kecil di beberapa kota besar. Namun, bila dicermati lebih dalam, sebab rumah ini dikatakan pintar, adalah karena ia tidak memiliki dampak negatif terhadap lingkungan. Menariknya, meskipun kecil, rumah ini ditopang oleh empat kaki yang terdiri dari tiga lantai. Pada atap rumah ini dilengkapi dengan panel surya. Panel ini digunakan untuk menyerap panas yang mengalir ke listrik dan pemanas rumah.” Tulis Interiorholic, Selasa kemarin.

Setiap lantai rumah memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Lantai pertama didesain untuk area ruang tamu, lantai dua dikhususkan untuk ruang makan keluarga dan dapur, dan lantai tiga adalah ruang untuk meletakkan tempat tidur dan kamar mandi juga teras kecil.

Didalam dinding rumah, ditanam semacam baterai, dan bagian dari fasad rumah dipasangi tirai lebar yang otomatis bisa dikendalikan. Pada siang hari, tirai akan terbuka untuk menghemat daya listrik, sementara pada malam hari tirai akan tertutup untuk mengantisipasi cuaca dingin.

Rumah pintar ini dilengkapi dengan pemanas ruangan. Jika cuaca dingin, kompor kecil dipasang di ruang tamu di lantai dasar. Rumah ini didesain dengan sangat modis. Namun, di balik kepintarannya, masih ada kekurangan. Rumah ini masih mengandalkan siklus cuaca untuk dapat bekerja. Oleh karena itu arsitek hanya membangun rumah ini sebagai contoh, tidak diproduksi massal.

[adm/HD]

Rate this article!
Tags: