Gandeng PGRI, Pengembang Bangun 1.000 Rumah Murah Seharga Rp 75 Juta

Gandeng PGRI, Pengembang Bangun 1.000 Rumah Murah Seharga Rp 75 Juta

ilustrasi

HarianDepok.com – Properti , Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) dan Persatuan Guru ?Republik Indonesia (PGRI) bekerjasama membangun rumah murah untuk para pengajar di Lampung dan Palembang. Rumah tersebut akan dijual dengan harga sangat murah, yakni seharga Rp 75 juta hingga Rp 110 juta per unit. Menurut Eddy Ganefo, Ketua Umum APERSI di  Jakarta, Senin (01/0892015) mengatakan, pihaknya ingin berkontribusi nyata untuk kesejahteraan para guru di Indonesia.

Dia mengungkapkan, dari total 12 ribu lebih guru yang tercatat di? Kota Palembang, hampir separuhnya belum memiliki hunian yang layak. Sebab itu, APERSI menggandeng PGRI untuk membangun 500 unit rumah murah di Palembang dan sekitar 500 hingga 1.000 rumah di Lampung. Ia menambahkan, Kerjasama pembangunan rumah di dua kota tersebut disambut antusias besar dari daerah lainnya, seperti di Kalimantan, Jawa Barat dan sebagainya.

Tetapi APERSI akan terlebih dulu mendata apakah guru-guru tersebut layak atau bisa lolos ketika pengajuan kredit di perbankan. Pasalnya, biasanya banyak para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah memiliki pinjaman KPR, sehingga jika mau meminjam lagi tidak bisa. Namun semoga saja untuk guru banyak yang lolos. Ia pun menawarkan harga rumah yang jauh lebih murah ketimbang harga rumah bersubsidi KPR atau Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang dipatok sebesar lebih dari Rp 120 juta.

Rumah murah bagi guru ini akan dibanderol dengan harga Rp 75 juta hingga Rp 110 juta setiap unitnya. Harganya pun bervarian, mulai dari Rp 75 juta, Rp 90 juta dan Rp 110 juta dan rumah tersebut sudah tipe 36, namun yang membedakan hanya luas tanahnya saja. Ia mengaku jika pemberian harga Rp 75 juta atau di bawah harga FLPP karena alasan masih terdapat tanah murah di Lampung dan Palembang.

Berbeda dengan kondisi di wilayah Jabodetabek yang harga tanahnya sudah sangat mahal. Ia pun berharap, pembangunan rumah murah untuk guru di Lampung dan Palembang bisa segera terealisasi pada akhir 2015. Pihak APERSI sendiri saat ini tengah mengupayakan perizinan konstruksi atau pendirian bangunan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok