Mengintip Salah Satu Bangunan Fenomenal di Kota Bandung

Mengintip Salah Satu Bangunan Fenomenal di Kota Bandung

HarianDepok.com – Properti , Bagi Anda yang pernah berwisata ke Kota kembang, Bandung, mungkin sudah tidak asing lagi dengan bangunan yang memiliki nilai historis sejara tinggi di Bandung. Ya, bangunan tersebut bernama Gedung Sate.

Pada zaman Belanda, bangunan yang memiliki tiang antena di pucuk atapnya ini digunakan sebagai pusat pemerintahan Belanda. Tapi sekarang, gedung ini digunakan sebagai kantor pemerintahan Gubernur di Jawa Barat. Bangunan ini memiliki lima lantai dengan 61 anak tangga.

Gedung Sate berlokasi di Jalan Diponegoro, Bandung, bangunan ini didirikan pada tahun 1920 dengan bentuk persegi panjang dan porosnya menghadap Tangkuban Perahu. Luas bangunan mencapai 27,9 hektar. Arsitek dari bangunan ini bernama Joe Gebert. Pada saat pembangunan, John masih sangat muda, umurnya baru 27 tahun.

Memasuki gedung, kita akan disambut dengan dominasi warna putih di interior bangunannya. Lampu-lampu interior khas Belanda yang besar, masih tergantung di langit-langit.

“Lantai pertama dan basement digunakan sebagai klinik sedangkan lantai dua digunakan sebagai kantor pemerintah Jawa Barat.” Kata Yanto, seorang Tour Guide di Gedung Sate.

Masuk ke lantai tiga, terdapat ruangan khusus yang digunakan wakil gubernur. Sedangkan di lantai empat berfungsi sebagai ruang pameran. Segala hal tentang kota Bandung terpampang disini.

“Di ruangan ini, biasanya dipemerkan benda-benda peninggalan, seperti jam antik, kumpulan foto-foto, batik dan alat music tradisional.” Ucap Yanto ramah.

Di lantai lima, sengaja dibuat tempat khusus untuk melihat luasnya Kota Bandung. Dan dulunya tempat ini adalah ruang bersantai bagi juragan kebun dengan pemerintah Belanda. Sekarang, ruangan ini digunakan untuk menyambut duta besar, gubernur dan pejabat lainnya.

[adm/HD]

Tags: