Situs Belanja Online eBay Muncul Iklan Jual-Beli Organ Tubuh Manusia

Situs Belanja Online eBay Muncul Iklan Jual-Beli Organ Tubuh Manusia

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Beberapa waktu lalu muncul sebuah iklan mengejutkan di situs berbelanja online eBay berupa penjualan organ tubuh manusia. Seperti yang dilansir mirror.co.uk, beberapa organ seperti tulang dan tengkorak manusia dijual dengan harga puluhan juta yang diperkirakan berasal dari bayi yang meninggal dunia akibat keguguran. Diketahui organ tubuh yang di iklankan berjumlah sekitar 40 bagian, dan dijual dengan harga yang bervariasi mulai dari 380 pound (Rp 8,2 juta) sampai kerangka janin yang dijual 4.000 pound (Rp 86 juta).

Pemasang iklan yang berasal dari India,  Amerika, dan Tiongkok itu memperlihatkan organ tersebut diantara perlengkapan-perlengkapan lain yang dijual seperti pakaian, DVD Disney, dan perlengkapan gym. Sedangkan eBay sendiri  sudah melarang jual-beli organ tubuh manusia, tapi disamping itu ada pengecualian yang memperbolehkan menjual anggota tubuh seperti kerangka, kulit kepala, dan tengkorak untuk keperluan medis.

Ketika dikonfirmasi oleh laman Mirror, eBay berjanji akan segera menghapus iklan mengerikan tersebut. Selang beberapa lama usai kabar ini beredar, iklan penjualan organ tubuh manusia sudah diturunkan oleh pihak eBay.  Salah seorang juru bicara Mirror mengatakan, “Di Inggris, eBay melarang penjualan tulang, kerangka manusia, dan tengkorak walaupun untuk keperluan medis atau bukan.

“Penjualan organ tubuh manusia sendiri di Inggris memang sudah dilarang tanpa alasan apapun. Bahkan hal ini juga sudah terdapat dalam klausul undang-undang jaringan manusia atau Human Tissues Act 2004. “Perbuatan memperjualbelikan organ tubuh manusia untuk kepentingan transplantasi merupakan melanggar hukum.”

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: