Mengenal Rabies dan Pengobatannya

Mengenal Rabies dan Pengobatannya.

HarianDepok.com – Kesehatan , Jenis penyakit ini merupakan penyakit berat yang terjadi setelah digigit oelh anjing gila dan penderita akan meninggal jika tidak segera diberi pertolongan. Penyakit ini disebabkan sejenis virus yang mudah menyerang otak binatang menyusui, terutama pemakan daging. Virus tersebut masuk ke tubuh bintang melalui luka pada kulit dan menyebar ke otak melalui urat saraf. Dan kemudian ke dalam kelenjar air liur binatang atau manusia, dan melaluo air liur itulah manusia atau binatang bisa tertular.

Penyakit ini menyerang srigala, kucing liar, atau anjing hutan; yang kemudian bisa menularkannya pada hewan peliharaan di rumah. Karena penyakit ini menyerang otak, anjing yang terkena virus ini menjadi ganas, lalu bisa menggigit manusia atau binatang lainnya tanpa rasa takut. Luka gigitan tersebut akan menjadi infeksi karena air liurnya mengandung virus.

Gejala dari rabies pada manusia biasanya akan berkembang selama 10 sampai satu tahun setelah tertular. Apabila infeksi ini menjadi akut, si penderita dipastikan tidak dapat tertolong lagi. Gejalanya biasanya berupa depresi mental, demam, gelisah, sampai menjadi gila.dan penderita akan meninggal kira-kira lima hari setelah muncul gejala di atas.

Apa yang harus dilakukan?

Lakukan vaksinasi dengan meminta petunjuk dokter. Sebab dokterlah yang menentukan vaksinasi anti rabies itu. Suntikan vaksinasi harus dilakukan ketika:

  1. Timbul gejala kejang-kejang.
  2. Tidak bisa menelan air putih
  3. Demam tinggi disertai rasa gelisah akut.

Dan apabila ada kemungkinan penderita dianggap sudah normal kembali, vaksinasi harus segera dihentikan.

[Enigayoe/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok