BTN Buka Kesempatan Dan Peluang Untuk TKI Miliki Rumah

BTN Buka Kesempatan Dan Peluang Untuk TKI Miliki Rumah

HarianDepok.com – Properti , Dalam mewujudan pembangunan sejuta rumah, Bank BTN akan mengadakan program kredit Pemilikan rumah (KPR) bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang sedang bekerja di luar negeri untuk mempunyai rumah di Indonesia. Seperti yang dikatakan Direktur Utama Bank BTN Maryono, dalam publikasinya yang digelar Minggu (30/08/2015). “Bukan TKI saja, namun calon TKI dan keluarga para TKI juga bisa memanfaatkan fasilitas KPR untuk pembelian atau renovasi rumah dengan jaminan penghasilan para TKI tersebut,” ujarnya

Dalam kunjungannya ke Seoul Korea Selatan, Maryono menyebutkan jika, para TKI adalah sebagai sumber devisa negara yang pastinya akan membelanjakan uangnya di dalam negeri. Peluangnya juga sangat besar untuk para TKI membeli rumah dengan fasilitas KPR. Para TKI ini berpeluang dan berkesempatan untuk mempunyai rumah di Indonesia. “Para TKI menyambut positif program ini. Selama ini mereka tidak terpikirkan untuk memiliki rumah dengan uang hasil kerja di negara lain. Kami menjemput bola dan para TKI itu pun langsung menangkapnya,” terang Maryono.

Maryono menyebutkan, respon positif dari para TKI itu akan ditindaklanjuti untuk membuat program yang sama bagi para TKI di negara lainnya. Karena mereka sebagai pahlawan devisa dengan program punya rumah lewat fasilitas KPR sangat dipastikan uang akan mengalir di dalam negeri. Sekaligus mengharapkan pasar para TKI ini bisa mendukung program satu juta rumah. Ia menambahkan, terdapat sejumlah persyaratan untuk para TKI memperoleh fasilitas KPR.

Yakni mereka harus WNI dan terdaftar sebagai TKI yang diperkuat dengan kontrak kerja sebagai TKI dan keterangan penghasilan sebagai TKI. Para pekerja di luar negeri ini bisa mendapatkan pinjaman KPR maksimum Rp 250 Juta dengan angsuran maksimum 40 persen dari penghasilan setelah dikurangi kewajiban atau hutang. Jangka waktu maksimal yakni 5 tahun dengan uang muka KPR 10 persen dan suku bunga fixed rate selama 5 tahun.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok