Dinkes Depok Himbau Calon Jemaah Haji Agar Waspada Terhadap ‘Meningitis’

Dinkes Depok Himbau Calon Jemaah Haji Agar Waspada Terhadap 'Meningitis'

HarianDepok.com – Berita – Info Haji 2015 , Dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan diri saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tengah melakukan sosialisasi terhadap bahaya yang ditimbulkan oleh penyakit meningitis yang pada beberapa bulan terakhir telah menewaskan artis komedian papan atas alm.Olga Syahputra.

Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Pemkot Depok menghimbau kepada seluruh masyarakatnya terutama pada masyarakat yang akan segera melakukan ibadah haji dalam waktu dekat ini. Hal ini dilakukannya karena di negara Arab Saudi diindikasikan merupakan negara epidemi penyakit Meningitis. Selain daripada itu banyaknya jemaah haji asal negara Afrika menjadi salah satu sabuk meningitis.

Menurut informasi yang dihimpun dari beberapa situs kesehatan di dunia maya, penyakit meningitis merupakan salah satu penyakit radang selaput otak yang dapat disebabkan oleh beberapa mikroorganisme seperti virus, bakteri dan jamur. Meningitis yang disebabkan oleh bakteri dapat berakibat fatal dengan berdampak kepada rusaknya komponen otak serta hilangnya fungsi indera pendengar.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Depok, Agus Gojali dalam penjelasannya mengenai penyakit berbahaya tersebut mengatakan bahwa, penyakit yang dapat menghilangkan fungsi otak dan pendengaran ini dapat menular dengan mudah. Oleh sebab itu dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Depok khususnya para calon jemaah haji asal Depok untuk tetap waspada dan berhati hati agar terhindar dari bakteri mematikan tersebut.

“Penyakit yang saat ini sangat ditakuti oleh masyarakat ini sangat mudah sekali menular ke tubuh manusia yang lainnya. Oleh sebab itu, kami selaku petugas menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya para calon jemaah haji untuk tetap waspada dan berhati hati agar terhindar dari penyakit mematikan tersebut,” tuturnta di Depok, Senin (31/08/2015).

Ia menjelaskan bahwa saat ini pihaknya telah berupaya meminimalisir resiko tertularnya para calon jemaah haji dengan memberikan vaksin sebelum para calon jemaah haji berangkat ke tanah suci Arab sehingga dapat menekan resiko tertularnya tubuh dari bakteri pembawa penyakit meningitis.

Selain itu, dirinya pun juga mengingatkan kepada seluruh calon jemaah haji untuk selalu menggunakan masker penutup mulut dan hidung sebagai salah satu antisipasi tertularnya dari penyakit tersebut sehingga tidak terjadi penularan secara langsung.

Dalam penjelasannya, bahwa bakeri pembawa penyakit meningitis tersebut dapat langsung menularkan kepada tubuh melalui udara ataupun kontak langsung oleh si penderita melalui cairan misalnya seperti memakai gelas secara bersama secara bergantian.

Diketahui bahwa gejala gejala yang ditimbulkan akibat tubuh terserang oleh bakteri pembawa penyakit meningitis ini dapat terlihat dengan adanya mual mual, demam tinggi secara mendadak dan ada rasa tegang di bagian belakang leher.

Maka daripada itu, Agus mengharapkan akan adanya kerjasama yang dilakukan oleh para calon jemaah haji asal kota Depok untuk bersama sama melakukan pencegahan dini dengan menggunakan alat pencegahan seperti masker penutup hidung dan mulut, hindari kontak langsung dengan penderita, memakai alat makan pribadi dan menjaga kebersihan sebaik mungkin.(Izl)

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok