1 September 2015 Seluruh PNS Depok Akan Didata Ulang Serentak Dengan Kota Lainnya se Indonesia

1 September 2015 Seluruh PNS Depok Akan Didata Ulang Serentak Dengan Kota Lainnya se Indonesia

HarianDepok.com – Berita , Pendataan ulang para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan serentak dilakukan secara nasional yang dimulai pada tanggal 1 September hingga 31 Desember 2015 nanti dengan menggunakan layanan elektronik (e-PUPNS) ini. Telah diantisipasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang mengaku telah siap untuk mensukseskan jalannya pendataan ulang tersebut dikotanya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Depok, Sri Utomo dalam menanggapi adanya instruksi dalam melakukan pendataan ulang para pegawainya ini mengaku telah mensosialisasikan perihal tersebut kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) nya yang tersebar di seluruh wilayah kota Depok.

“Kegiatan sosialisasi telah kami lakukan sejak jauh jauh hari kepada seluruh OPD yang ada di wilayah Kota Depok agar mereka mampu memahami tata cara serta pengisian data di PUPNS ini,” jelasnya di Depok, Senin (31/08/2015)

Menurut pengakuannya bahwa kota Depok sendiri sudah membuat jadwal sendiri dengan awal kegiatan didalamnya dimulai dengan pengisian data yang akan dilaksanakan pada bulan September hingga Oktober 2015 mendatang. Setelah itu, pada awal November, pihak BKD akan melakukan kegiatan verifikasi internal terhadap data data yang sudah terisi. Setelah melakukan kroscek barulah data data tersebut akan dikirimkan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Desember 2015 nanti.

“Jadwal yang sengaja kami buat ini dimaksudkan untuk mengurangi kesalahan pada saat penginputan data oleh PNS. Selain daripada itu, penjadwalan yang kami buat dengan sedemikian rupa ini kami tujukan agar kegiatan pendataan ulang di wilayah kota Depok bisa terkoordinir dengan baik,” katanya.

Dalam pelaksanaan PUPNS serentak ini akan dilakukan penginputan datanya secara individual tanpa melibatkan pihak administrasi seperti biasanya. Hal ini dimaksudkan agar data pribadi para pegawai mulai dari tingkat, golongan hingga data pribadinya bisa terekam dengan sesuai. Setelah itu, data yang sudah diisi sendiri oleh para pegawai PNS itu, akan diverifikasi kembali oleh petugas di tiap tiap OPD dengan melanjutkannya ke pihak BKD.

“Beberapa tahapan akan kami lakukan guna meminimalisir akan adanya kekeliruan di dalam pendataannya tersebut. Setelah data sudah selesai diisi oleh para pegawai, nantinya akan di verifikasi kembali di tingkat OPD mengenai data keluarga dan alamat. Setelah itu verifikasi kedua pun langsung dijalankan mengenai pangkat serta golongan para pegawai,” jelasnya.

Dengan dibuatkannya jadwal untuk melakukan kegiatan PUPNS di kota Depok ini, diharapkannya bisa membantu seluruh petugas dan para pegawai agar bisa lebih mudah dan akurat sehingga bisa meminimalisir adanya kesalahan mengenai data para pegawai.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)