Hari Ini Waduk Jatigede Resmi Mulai Beroperasi

Hari Ini Waduk Jatigede Resmi Mulai Beroperasi

HarianDepok.com – Berita – Sumedang , Pada hari ini, Senin (28/08/2015) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono resmi membuka pengoperasian Waduk Jatigede dan Waduk pun akan mulai dialiri air. “Kita akan mulai pengoperasian Waduk Jatigede dengan menutup saluran penyela. Semoga upaya kita mendapat ridho Allah dan bermanfaat bagi rakyat sekitar waduk,” ujar Basuki di Sumedang, Jawa Barat, Senin (31/08/2015). Ia menambahkan, pembukaan waduk tersebut adalah suatu pencapaian tersendiri bagi pemerintah. pasalnya perencanaan pembangunan waduk Jatigede sudah dilakukan sejak tahun 1960an.

“Proses panjang pembangunan waduk Jatigede sejak tahun 1963 adalah proses sejarah yang tidak mudah,” terangnya. Selain itu, Basuki menyebutkan, bahwa dengan dibukanya waduk Jatigede maka di Indonesia terdapat ratusan waduk yang beroperasi. Dengan selesainya waduk Jatigede dan hal itu mungkin bukan berarti selesai pembangunan, ini baru awal mengelola sumber daya air sungai Cimanuk. waduk ini merupakan yang ke-231, Indonesia sudah memiliki waduk lain, namun untuk sungai Cimanuk baru memiliki satu waduk.

Dalam mega proyek waduk Jatigede, terdapat 17 desa dari 4 kecamatan yaitu Kecamatan Jatigede, Darmaraja, Wado dan Jatinunggal yang akan tenggelam. Persoalan ini akan menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah setempat. Pasalnya,  walaupun pemerintah mengklaim permasalahan Waduk Jatigede ini sudah selesai, tapi pada kenyataannya masih banyak warga yang belum mendapatkan dana ganti rugi.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok