Walikota Depok Berterima Kasih Atas Usaha Kodim 0508 Depok Atasi Sampah di Kali Ciliwung

Walikota Depok Berterima Kasih Atas Usaha Kodim 0508 Depok Atasi Sampah di Kali Ciliwung

HarianDepok.com – Berita – Kali Ciliwiung , Kegiatan pembersihan kali Ciliwung yang rutin dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodim 0508 Kota Depok di setiap minggunya saat ini semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar. Sebelum adanya kegiatan pembersihan yang dilakukan oleh jajaran Kodim 0508 Kota Depok, kali Ciliwung menjadi menjadi tempat pembuangan sampah liar, namun saat ini keberadaan kali Ciliwung telah terbebas dari sampah.

Panglima Kodam Jaya, Letnan Jenderal Agus Sutomo dalam keterangannya mengenai perihal tersebut mengatakan, kali Ciliwung yang memiliki panjang sejauh 58 kilometer ini, dilakukan pembersihan oleh pihaknya yang telah berjalan tiga bulan terakhir dengan jarak sepanjang 15 kilometer. Dari kegiatan tersebut, petugas mampu mengeruk sedimentasi dan mengangkat sampah hingga puluhan ton tiap harinya.

“Selama dalam pantauan dilapangan, ada empat titik yang menjadi penyebab terjadinya banjir karena alirannya tersumbat oleh tumpukan sampah karena salurannya sangat minim, oleh sebab itu, untuk mengatasi dan mencegah terjadinya banjir pada saat musim penghujan nanti, kami melakukan pelebaran saluran dengan menjebol di bagian sisinya. Saat ini ke empat titik tersebut aliran airnya lancar,” tuturnya di Depok, Jum’at (28/08/2015).

Sementara itu, Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail mengatakan, sangat berterima kasih kepada seluruh jajaran Kodim 0508 kota Depok yang sudah memberikan bantuan dan dukungannya kepada kota Depok dalam membersihkan aliran kali Ciliwung dari tumpukan sampah.

“Syukur Alhamdulillah saat ini masyarakat yang tinggal disekitaran kali Ciliwung sudah mulai merasakan manfaat dari pembersihan yang dilakukan oleh Kodim 0508 Depok. Saya sangat berterimakasih atas apa yang sudah dilakukannya selama ini. Selain dapat dirasakan manfaatnya, para petugas juga secara tidak langsung mendidik masyarakat untuk tidak membuang sampahnya di aliran kali Ciliwung yang bisa menyebabkan banjir,” kata Nur.

Dengan dibersihkannya kali Ciliwung dari berbagai sampah, Pemerintah Kota Depok sangat berharap kepada seluruh masyarakat khususnya kota Depok agar bisa menjaga dan melestarikan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Dan jika pada saat musim penghujan tiba, masyarakat tidak tidak dikhawatirkan lagi akan adanya banjir.(Izl)

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok