Ketua PBNU Sarankan Ganti Nama, Ini Kata Syaiton!

Ketua PBNU Sarankan Ganti Nama, Ini Kata Syaiton!

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Belakangan ini kemunculan pria bernama Syaiton atau Saiton telah menyedot perhatian publik. Tidak hanya marak di sosial media, kemunculan pria asal Palembang, Sumatera Selatan itu juga menarik perhatian para tokoh publik. Beberapa di antaranya adalah para tokoh agama dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) maupun Nahdlatul Ulama (NU).

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siradj menyarankan supaya Saiton, yang berprofesi sebagai guru itu untuk mengganti namanya dengan nama lain yang memiliki kandungan arti lebih baik. Tapi, sepertinya Saiton tidak akan mengikuti saran tersebut. Saiton mengaku keberatan jika harus mengganti namanya.

Pertimbangannya adalah, ia merasa akan banyak mengalami kesulitan dalam mengurus administrasi terkait dirinya. Bukan hanya harus mengganti identitas dirinya sejak lahir, yang membuat Saiton merasa berat adalah mengubah namanya yakni mengganti berkas-berkas seperti ijazah dari sejak sekolah dasar sampai pendidikan magister administrasi publik yang diperolehnya dengan susah payah.

“Terutama ijazah, jika saya ganti nama, saya tidak mau ijazah S2 yang sudah saya peroleh dengan susah payah harus diganti hanya dengan surat keterangan ijazah. Karena nanti otomatis, ijazah atas nama Saiton, tidak laku dong. Saya tidak mau kalau begitu,” ujarnya. Saiton pun mengakui dalam ajaran agama yang ia anut, nama berarti sebuah doa, walau demikian, ia akan mempertahankan namanya saat ini daripada harus menggantinya.

Ia juga mengaku tidak pernah merasa kecewa dengan nama yang ia punya saat ini. Justru ia merasa dengan nama yang ia punya saat ini, ia merasa selalu menemui kemudahan dan tidak pernah mendapat kesulitan dalam mengurus administrasi ataupun bergaul dengan masyarakat. Ia juga mengaku jika dirinya sering mendapat peruntungan karena meski berasal dari keluarga yang serba kekurangan, tapi ia berhasil menempuh pendidikan sampai jenjang S2 dan mendapatkan gelar Magister Administrasi Publik.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok