Ayam Tiren Mulai Resahkan Warga Depok

Ayam Tiren Mulai Resahkan Warga Depok

HarianDepok.com – Berita , Setiap bulan suci Ramadhan, permintaan akan sumber protein terbaik hewani yakni daging mengalami kenaikan yang cukup tajam. Hasil dari harga penjualan akan semakin meningkat seiring permintaan konsumen. Tak terkecuali permintaan daging ayam. Situasi ini menciptakan ruang bagi pedagang untuk mendapatkan keuntungan besar. Salah satunya menjual ayam tiren atau ayam mati kemarin. Hal ini mulai santer terdenganr di kalangan masyarakat.

Masalah ini membuat pemerintah harus bekerja ekstra untuk mengatasi apa yang ditakuti warga dan meminimalisir kabar ini lebih luas. Pemkot Depok melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distankan) Depok dalam waktu dekat ini akan mengadakan pemantauan serta pengecekan terhadap distributor ayam untuk meminimalisir tersebarnya ayam daging tiren.

Abdul Haris selaku Kepala Distankan Kota Depok, mengatakan bahwa pihaknya sering secara rutin melakukan pemeriksaan daging ayam di pasar-pasar. Mengingat sebentar lagi akan lebaran, tentu saja permintaan dari daging ayam akan meningkat tajam. “Usaha pengecekkan harus terus dilakukan dengan mengambil sampel darah dari daging ayam yang di jual di pasar, karena mengingat sampai saat ini tercatat ada banyak permintaan akan daging ayam.” tuturnya.

Distankan Kota Depok akan menyediakan pasokan dari daging ayam dengan jumlah besar dibandingkan dengan hari biasa. Pasokan daging ayam kampung dan ayam negeri akan sebanding dengan jumlah yang proporsional meski permintaan ayam negeri lebih tinggi daripada ayam kampung.

“Perkiraan ayam yang akan dipotong dari hari ini sampai idul fitri sekitar 500 ribu ekor. Akan tetapi untuk h-2 sebelum lebaran, permintaan akan ayam potong diprediksi akan meningkat sebanyak 2 %.” tambah Harris.

[adm/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)