Biaya Bikin Situs Revolusi Mental Rp140 M, Pakar IT : Tidak Masuk Akal!

Biaya Bikin Situs Revolusi Mental Rp140 M, Pakar IT : Tidak Masuk Akal!

HarianDepok.com – Berita – Nasional  , Sampai saat ini kasus mengenai situs Revolusi Mental masih terus menjadi bahan perbincangan para netizen. Situs yang dikabarkan memakan biaya sampai Rp140 miliar itu menjadi kontroversi karena diduga meniru situs Presiden AS, Barack Obama, dan memakai jasa layanan hosting yang tidak sesuai dengan dana yang dianggarkan. Kasus yang menjadi Trending Topic sejak 26 Agustus 2015 ini, menurut Ruby Alamsyah selaku pakar IT mengungkapkan jika biaya pembuatan situs revolusi mental tidak masuk akal.

“Logikanya sih enggak masuk akal kalau buat website saja sampai seperti itu,” jelas Ruby.

Menurut nya, membuat sebuah website umumnya hanya akan menghabiskan biaya sekitar puluhan juta rupiah saja, tidak sampai miliaran atau bahkan ratusan miliar rupiah. Ruby menyebutkan, pihaknya sudah melakukan analisis pada website Revolusi Mental yang juga sempat diretas oleh sekelompok hacker yang identitasnya sudah terlacak.

Dari hasil analisisnya, diketahui jika hacker tersebut kebanyakan menyerang situs web yang memakai aplikasi open source alias gratis. Sedangkan menurut Herbin Manihuruk, Asisten Deputi Kebudayaan Kemenko PMK menerangkan, biaya sebesar Rp140 miliar itu sebenarnya belum digunakan untuk membuat website Revolusi Mental. Walau demikian, Herbin mengakui jika memang ada dana sebesar Rp140 miliar yang sudah disiapkan dalam APBN 2015.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok