Kucing Lucu Diangkat Jadi Kepala Stasiun Kereta Jepang

kucing-lucu-diangkat-jadi-kepala-stasiun-kereta-jepang

HarianDepok.com – Resep Masakan – Seekor kucing di Jepang dilantik sebagai kepala Stasiun Kereta Distrik Kishi Wakayama. Kucing betina bernama Nitama itu menggantikan Tama, kucing lain lebih dulu menjabat, yang mati 16 Juni lalu.

Tama menjabat kepala stasiun selama delapan tahun sebelum akhirnya sakit-sakitan, lalu mati. Para karyawan manusia di stasiun itu mengaku sengaja mengangkat hewan imut sebagai kepala. Alasannya?

Ternyata Nitama adalah kucing yang sudah dilatih khusus untuk menjadi maskot stasiun olehmendiang Tama. “Nitama mendapat pelatihan dari kepala stasiun kucing sebelumnya,” kata Kepala Perjalanan kereta Stasiun Khisi, Mitsunobu Kojima, seperti dilaporkan Huffington Post, Kamis (27/8).

Selain itu, kucing yang menjadi kepala stasiun menjadi pengingat bagi segenap karyawan untuk menjaga standar kenyamanan pengguna. Jika kucing saja tidak betah berada di stasiun, artinya karyawan kurang bekerja keras.

“Kucing ini simbol kenyamanan di tempat kerja. Kita bekerja bersama orang-orang dan kita nyaman dengan itu,” imbuh Kojima.

Nitama, lanjut Mitsunobu, baru berusia lima tahun. Namun perusahaan kereta listrik Jepang itu mengizinkan kucing remaja ini berkarir sebagai kepala stasiun. Nitama dinilai sudah makan asam garam dalam dunia perkeretaapian.

Nitama memulai ‘karir’ sebagai kucing resepsionis di Stasiun Idakiso. Selanjutnya, kucing ini naik jabatan menjadi wakil kepala stasiun di Kishi, menemani Tama.

Tradisi menunjuk binatang memegang jabatan simbolis biasa dilakukan kantor atau fasilitas publik di Negeri Matahari Terbit. Kebijakan unik itu membuat orang tertarik datang. Sebelum Tama diangkat pada 2007, Stasiun Kishi nyaris bangkrut karena sepi. Berkat kucing itu, banyak orang memilih naik kereta dari stasiun di pedalaman tersebut.

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer