Kemenpera: 15 Titik di Jabodetabek Akan Dibangun Rusun

Kemenpera 15 Titik di Jabodetabek Akan Dibangun Rusun.

HarianDepok.com – Properti , Kementerian Perumahan berencana akan membangun rumah dengan properti sederhana milik (rusunami) dan perumahan sewa sederhana atau rusunawa, di 15 titik lokasi Jabodetabek.

Apartemen atau rumah susun yang akan dibangun tersebut, dikhususkan untuk para pekerja, mahasiswa/i, polisi dan penghuni pondok pesantren.

“Konstruksi proyek ini akan dimulai setelah Idul Fitri,” kata Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan atau Kemenpera, Rinza Ekoianto.

Menurut Rinza, Kemenpera berencana membangun rumah susun milik dan rumah susun sewa di 15 titik, yaitu di kawasan Rawagede, Penjaringan, Gatot Subroto, Kedoya, Tanah Abang dan Pasar Minggu. Kawasan lainnya akan menyusul setelah proses pembangunan sedang berjalan.

Proyek konstruksi rumah susun yang akan dibangun di atas tanah pemerintah itu, diperkirakan akan menyedot dana anggaran negara sebesar Rp. 1, 5 miliar per unit. “Anggaran ini hanya 0,11 persen dari pembangunan rumah susun sewa 2014 yang memakan anggaran sekitar Rp. 1,3 trilun dari Sabang sampai Merauke,” tungkasnya.

Selain itu, pihak dari Kemenpera juga memliki rencana untuk membangun perumahan khusus bagi PNS, terutama di tingkat pusat atau pun di daerah. Pembangunannya menggunakan 13 hektar tanah negara.

“Rusun ini direncanakan untuk para PNS yang bekerja di kementerian, instansi pemerintah pusat, dan pemerintah daerah Jakarta. Rumah susun tersebut akan dibangun di salah satu ttitik di Kemayoran, Jakarta Pusat,” tambahnya

Agar hal ini dapat terjadi, kerjasama Kemenpera dengan Kementerian Dalam Negeri dan Korps Pegawai Republik Indonesia atau KORPRI harus dilakukan. Dengan tujuan, mempercepat pelaksanaan perumahan dan pemukiman bagi orang-orang dengan pendapatan rendah.

[adm1/HD]

Tags: