Mirip Situs Obama, Situs Revolusi Mental Dikritik Netizen

Mirip Situs Obama, Situs Revolusi Mental Dikritik Netizen

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Pada hari Senin (24/08/2015) lalu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani baru saja merilis situs Revolusi Mental. Tetapi, setelah selang dua hari perilisannya, situs dengan alamat www.revolusimental.go.id itu menjadi sasaran kritikan para netizen. Pasalnya, situs tersebut memakai layanan hosting lokal dengan biaya murah, padahal menurut kabar nilai proyek situs tersebut mencapai hingga ratusan miliar rupiah.

Selain itu, dari tampilan situs Revolusi Mental juga menjadi sasaran kritik netizen karena diklaim menjiplak tampilan dari situs kampanye Presiden Amerika Serikat Barack Obama (www.barackobama.com). Satu per satu melalui forum Kaskus, para netizen pun mengkritik situs Revolusi Mental yang baru diluncurkan pemerintah itu. Kemudian ada beberapa netizen yang sempat menyelidiki status registar dari website Revolusi Mental dan memperoleh bahwa situs tersebut memakai jasa penyedia hosting lokal dan bukan memakai server pemerintah.

Mirip Situs Obama, Situs Revolusi Mental Dikritik Netizen

Melihat dari status registar tersebut juga menyebutkan jika situs tersebut dibuat dan di-update terakhir kali pada tanggal 21 Agustus 2015, dan mempunyai tanggal kadaluwarsa, yakni tanggal 21 Agustus 2015. Selain soal hosting, para netizen juga banyak yang mempermasalahkan dari tampilan situs Revolusi Mental tersebut karena mempunyai template yang serupa dengan situs Obama.

Sejumlah netizen juga sempat menemukan bahwa kode yang dipakai pada situs Revolusi Mental adalah hasil jiplakan dari situs Barack Obama. Hal tersebut nampak dari beberapa baris kode yang masih memakai nama “www.barrackobama.com” di dalam situs Revolusi Mental. Situs Revolusi Mental sendiri saat ini sedang ditutup dengan alasan kelebihan beban (overload) dan tengah dalam proses upgrade server.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: