Penggunaan Air Liur Untuk Mengecek Kadar Gula Darah

Penggunaan Air Liur Untuk Mengecek Kadar Gula Darah

HarianDepok.com – Kesehatan – Sejauh ini, untuk menentukan tingkat gula dalam darah, seseorang harus melakukan tes darah. Tapi baru-baru ini para peneliti sedang mengembangkan sensor baru untuk menentukan berapa banyak kadar gula darah tanpa menggunakan darah. Ya, nantinya tes gula darah akan dilakukan hanya menggunakan air liur si pasien saja. Para peneliti dari Brown University menciptakan sensor baru dan berhasil melakukan tes glukosa darah dengan menggunakan saliva buatan. Sensor ini menggunakan cahaya, besi dan enzim khusus yang dapat berubah warna bila terkena gula darah.

“Semua orang tahu bahwa untuk menguji kadar gula darah, setiap orang yang menderita diabetes harus menusukkan jari mereka untuk mengeluarkan darah. Mereka harus melakukan hal yang menyiksa ini beberapa kali dalam satu hari. Kami mencari cara yang lebih mudah dan lebih efesien. Dan air liur adalah cairan dalam tubuh manusia yang dapat diukur, ” kata pemimpin peneliti Taihas Palmore, menurut Web MD (11/07).

Ide ini sangat jenius dan sangat berguna bagi penderita diabetes. Mereka tidak lagi harus menusuk jari hanya untuk menguji kadar gula darah. Meski begitu, sayangnya, metode ini belum bisa dilakukan dengan segera. Proses ini masih harus menjalani sidang untuk menentukan akurasi dari cara ini.

Para peneliti di Universitas Braun menjelaskan bahwa air liur mengandung glukosa, meskipun sedikit. Langkah awal yang akan dilakukan oleh para peneliti adalah untuk menciptakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk menguji dahak atau lendir dalam tenggorokan. Peralatan yang digunakan harus praktis dan dapat digunakan secara terpisah dari pasien dengan penyakit diabetes. Selain itu cara untuk mendapatkannya juga harus mudah.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok