Menurunkan Resiko Kematian Dengan Berolahraga

Menurunkan Resiko Kematian Dengan Berolahraga

HarianDepok.com – Kesehatan – Ya, sejak dulu olahraga memang dikenal sebagai salah satu gaya hidup sehat. Olahraga sering dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Tapi beberapa waktu belakangan ini para peneliti telah menemukan bahwa olahraga juga direkomendasikan sebagai obat. Berdasarkan sebuah penelitian di QUT, melakukan olahraga teratur dapat mengurangi risiko kesehatan bagi wanita yang sudah berusia lanjut.

Profesor Debra Anderson dari QUT Institut Kesehatan dan Inovasi Biomedis menjelaskan bahwa selain menjaga kebugaran fisik dan mental, para dokter atau ahli medis juga harus menyarankan olahraga untuk membantu mereka perempuan yang sudah tua agar pulih dari masalah kesehatan. Melalui studi dalam lima tahun ini, para peneliti melihat efek olahraga terhadap kesehatan fisik dan mental wanita yang lebih dari 50 tahun.

“Penelitian ini jelas menunjukkan bahwa olahraga dapat memberikan manfaat fisik dan mental, terutama jika Anda juga melakukan perawatan kesehatan lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang lebih tua harus berolahraga minimal sebanyak 30-45 menit lima kali dalam satu minggu,” ucap Profesor Anderson.

Prof. Anderson juga menerangkan bahwa berolahraga dapat mengurangi risiko kematian pada orang dengan usia lanjut. Usia yang secara fisik bergerak aktif dan rajin berolahraga memiliki umur lebih lama dari lansia yang jarang berolahraga.

Menurut penelitian, wanita yang sudah berusia lanjut dan masih dapat melakukan aktivitas seperti jogging atau jalan-jalan kecil, sebenarnya memberikan kesempatan hidup lebih lama. Jadi jangan malas hanya karena usia yang sudah tua. Olahraga teratur dapat menjaga tubuh agar tetap bugar dan membuat metabolisme tubuh menjadi seimbang.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok