KPU Depok, Batasi Anggaran Dana Kampanye Pasangan Calon Wali dan Walikota Depok

KPU kota Depok, Akan Tekan Biaya Logistik Pilkada 2015

HarianDepok.com – Berita – Pilkada Depok 2015 , Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok dalam menghemat anggaran untuk acara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Depok tahun 2015 saat ini tengah mensosialisasikan pembatasan jumlah dana kampanye kepada seluruh pasangan calon Wali dan Wakil Walikota Depok.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Depok, Titik Nurhayati mengatakan, bahwa untuk membatasi dana anggaran yang akan dikeluarkan olehnya ini seluruh para pasangan calon Wali dan Wakil Walikota Depok akan dimintai data mengenai kegiatan kampanyenya hingga akhir batas waktu yang telah ditentukannya.

Dalam permasalahan mengenai pembatasan dana kampanye tersebut, Titik mengaku akan melakukan kesepakatan dan penandatanganan bersama oleh seluruh elemen yang terkait yang akan dilakukan pada tanggal 25 Agustua 2015 setelah adanya kegiatan pengambilan nomor urut para pasangan calon Wali dan Wakil Walikota Depok.

“Pembatasan dana untuk kampanye bukan saya yang menentukan, tetapi ini sudah menjadi aturan KPU, dimana pada Peraturan KPU nomor 7 tahun 2012 disebutkan mengenai pembatasan anggaran kampanye. Semuanya sudah tertera mengenai ketentuan biaya kampanye,” tuturnya di Depok, Minggu (23/08/2015).

Titik menerangkan, untuk pelaporan dana kampanye para pasangan calon, akan didampingi oleh akuntan publik mengenai pelaporannya dan tata cara pelaporannya. Ini dimaksudkan agar seluruh data yang masuk ke KPU sesuai dengan aturan yang berlaku dan lebih transparan.

“Dalam masa kampanye yang akan berlangsung selama 100 hari, seluruh pasangan calon akan diminta untuk membuka rekening khusus untuk dana kampanyenya untuk kegiatan penerimaan dan penempatan dana kampanye yang diterima oleh para pasangan. Untuk dana dari partai politik masih diperbolehkan berapa saja, namun selain daripada itu akan dibatasi,” katanya.

Dengan diberlakukan pembatasan tersebut, diharapkan pada acara kampanye selama 100 hari nanti, tidak ada kecurangan sehingga Pilkada Depok 2015 ini bersih dan lancar.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)