Tidak Membuahkan Hasil, Duo Korea Kembali Gelar Putaran Baru Dialog Damai

Tidak Membuahkan Hasil, Duo Korea Kembali Gelar Putaran Baru Dialog Damai

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) dilaporkan sudah kembali melanjutkan dialog damai. Langkah ini merupakan kelanjutan dari dialog damai yang berlangsung kemarin, Minggu ( 23/08/2015) yang tidak membuahkan hasil apapun. Seperti yang dilansir Channel News Asia, Minggu (23/08/2015), perwakilan kedua negara akan kembali bertemu di kota Panmunjom, yang terletak di wialayah perbatasan.

Dialog ini pun dijadwalkan bakal berlangsung pada pukul 13.30 waktu Korea, atau sekitar pukul 18.30 (WIB). Pihak Korsel berharap kesenjangan pendapat antara pihaknya dan Korut akan mengecil dalam lanjutan dialog damai tersebut. Dialog damai ini adalah satu-satunya peluang bagi kedua negara untuk mendinginkan situasi, serta menghindari perang. Pada putaran terbaru dialog damai ini adalah dialog pertama antara pejabat tinggi kedua negara dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

Menurut penilaian beberapa pengamat, pertemuan ini merupakan kemajuan besar dalam upaya damai kedua negara bertetangga ini. Tapi, meski dialog damai terus bergulir, kedua negara pun masih terus bersiaga penuh. Bahkan, Korut dilaporkan sudah menambah jumlah personel di perbatasan, dan sudah mengerahkan kapal selam, yang diduga dikerahkan ke wilayah semenanjung Korea.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok