Kebakaran Medan Plaza Diduga Akibat Ledakan Tabung Gas

Kebakaran Medan Plaza Diduga Akibat Ledakan Tabung Gas

HarianDepok.com – Berita – Medan , Diketahui Medan Plaza Centre terbakar hebat pada Sabtu (22/08/2015) dinihari. Petugas pemadam pun berjibaku untuk menjinakan kobaran api tersebut. Sebanyak 30 mobil pemadam kebakaran pun telah dikerahkan. Salah Menurut David Marpaung, seorang petugas pemadam kebakaran, Jl Jalan Iskandar Muda, Medan, Minggu (22/08/2015), Sumber api diduga dari tabung gas di salah satu toko yang ada di kebakaran yang terjadi pada pukul 01.30 dini hari Sabtu lalu, kondisi tengah mati lampu sehingga pemadam mengalami kesulitan untuk mengambil air hidran yang berada di depan gedung.

“Jadi kami sibuk mengaktifkan generator untuk menghidupkan pompa pemadam,” sambungnya. Menurutnya, keterlambatan menghidupkan pompa itulah yang menyebabkan api dengan cepat meluas hingga ke lantai-lantai di atasnya. Saat disinggung ihwal informasi ini, Kepala Unit Reserse dan kriminal Kepolisian Sektor Medan Baru, Inspektur Satu Adi Putranto yang tengah berada di lokasi mengaku belum dapat memastikan dugaan penyebab kebakaran yang melalap pusat perbelanjaan tertua di Kota Medan tersebut.

“Kami belum dapat menyimpulkan, hari ini tim labfor masih melakukan observasi awal, besok hari Senin dilanjutkan lagi,” tuturnya. Saat Tim Laboratorium Forensik tiba di lokasi sekitar pukul 14.30 WIB, mereka langsung menuju sisi gedung lantai 1 di dekat eskalator tempat restoran Ayam Penyet Jakarta berada. Mereka didampingi oleh Komandan Regu sekuriti yang sedang bertugas pada malam itu, dan didampingi oleh salah seorang marketing gedung, mereka menyusuri sepanjang lorong yang sudah menghitam di samping eskalator lantai 1 tersebut.

Saat ini sekeliling gedung Medan Plaza sudah dikelilingi dinding seng setinggi 2,5 meter. Seng tersebut dipasang oleh pihak manajemen gedung untuk membatasi warga yang terus berdatangan untuk melihat bekas gedung berlantai enam yang hangus dilalap si jago merah. Semua tembok gedung terlihat menghitam akibat api yang membakar hampir selama sekitar 28 jam.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: