Google Doodle Hari Ini Peringati Kelahiran Duke Kahanamoku, Penemu Olahraga Selancar

Google Doodle Hari Ini Peringati Kelahiran Duke Kahanamoku, Penemu Olahraga Selancar

HarianDepok.com – Tekno , Mesin pencarian raksasa hari ini, Senin (24/08/2015) memperingati hari kelahiran Duke Kahanamoku, seorang perenang legendaris kelahiran Honolulu, Hawai lewat Google Doodle. Kahanamoku lahir 24 Agustus 1890 dan meninggal 22 Januari 1968 di usia ke-77 tahun. Pria yang memiliki nama lengkap Duke Paoa Kahinu Mokoe Hulikohola Kahanamoku ini juga dikenal sebagai penemu olahraga surfing atau selancar. Sebagai atlet renang yang mewakili Amerika Serikat, Kahanamoku sukses mendapatkan medali emas dalam mengikuti sebanyak lima kali olimpiade.

Sementara nama Duke yang menjadi nama depan Kahanamoku bukanlah sebuah gelar bangsawan Inggris namun melainkan sebuah penghormatan pendeta yang membaptisnya kepada Duke of Edinburgh yang saat itu berkuasa di Hawaii. Di tahun 1914 Kahanamoku untuk yang pertama kalinya memperkenalkan olah raga surfing/selancar. Dalam perjalanannya ke Australia, Kahanamoku menyelipkan olah raga surfing di sela-sela kejuaraan renang. Kemudian pada 24 Desember 1914, Kahanamoku memperlihatkan olah raga surfing/ selancar di pantai Sidney.

Kahanamoku pertama kali membuat papan selancar dari bahan pohon pinus, hingga saat ini papan selancar milik Kahanamoku masih disimpan di Freshwater Surf Club, Sidney. Kahanamoku juga dikenal sebagai orang yang pertama kali mempopulerkan surfing/selancar di Amerika Serikat. Kemudian Kahanamoku pindah ke Amerika Serikat dan juga pernah membintangi sejumlah film di negeri paman sam itu.Dengan cara ini lah ia memperkenalkan pada orang-orang supaya ikut mempublikasikan olahraga surfing.

Kahanamoku juga ikut bergabung dengan Los Angeles Athletic Club, dan bertindak sebagai lifeguard dan bersaing di kedua tim polo air dan renang. Pada 14 Juni 1925, Kahanamoku mencatat peristiwa heroik dengan berhasil menyelamatkan 8 orang dari 29 nelayan yang kapalnya terbalik di perairan Newport Beach California. Dengan menggunakan papan surfing, Kahanamoku melakukan perjalanan cepat bolak-balik ke bibir pantai untuk membawa nelayan dihantam arus ombak. Dua peselancar lain yang ikut menenami Kahanamoku hanya dapat menyelamatkan 4 orang nelayan sehingga hanya 17 orang yang tewas dibawa ombak.

Kepala polisi Newport mengatakan upaya penyelamatan Kahanamoku dengan memakai selancar adalah sebagai sebuah tindakan super penyelamatan dengan papan surfing yang pernah ada di dunia. Dengan beberapa catatan gemilang Kahanamoku, maka tidak heran jika pada ulang tahunnya yang ke-125 kali ini, Google memberikan penghormatan dan penghargaan dengan memasang doodle yang bergambar wajahnya lengkap disertai latar belakang pantai Hawaii yang eksotis. Bahkan Google Doodle juga melengkapi logo papan surfing/selancar sebagai background foto nya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok