Terjebak 24 Jam, Pemuda Asal Bandung Lolos dari Kobaran Api di Merbabu

Terjebak 24 Jam, Pemuda Asal Bandung Lolos dari Kobaran Api di Merbabu

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Seorang pendaki asal Cileunyi, Kabupaten Bandung, Dede Andri (23) sempat terjebak api yang membakar kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Beruntung pemuda ini bisa lolos dan selamat dari kepungan api. Peristiwa tersebut baru diketahui usai Dede berhasil turun dari gunung dengan selamat hingga di Pos Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, pada Jumat (21/08/2015) kemarin.

Ia berjalan seorang diri menuruni gunung yang memiliki tinggi lebih dari 3.000 mdpl itu. Tubuhnya terlihat masih sehat walau raut wajahnya nampak lelah. “Saya terjebak kebakaran hampir 24 jam,” ucap Dede pada Tim SAR dan sejumlah relawan dan yang tengah bertugas di Pos Suwanting Desa Banyuroto. Dede mengaku mendaki Gunung Merbabu melewati Pos Suwanting pada Rabu (19/08/2015). Dede mengaku sempat ditolak oleh petugas pos karena ia mendaki seorang diri.

Tapi ia berhasil naik usai bergabung dengan tiga pendaki asal Kabupaten Salatiga, Jawa Tengah. Dede bersama tiga pendaki tersebut sampai ke puncak Merbabu pada Kamis (20/08/2015). Tapi ketika hendak turun, Dede tertinggal dari rombongan. Dia pun turun sendirian lewat Pos Suwanting. sedangkan, tiga rekannya turun lewat jalur Cunthel, Kabupaten Salatiga. Di tengah perjalanan, ia menemui hutan perdu pada ketinggian sekitar 1700-2000 mpdl yang terbakar hebat.

Ia pun akhirnya tidak jadi turun dan memutuskan untuk menginap lagi sambil menunggu api padam. Dede pun sempat merekam kebakaran tersebut menggunakan ponselnya. Beruntung sebagian api sudah ada yang padam. Kemudian Dede segera turun menuju Pos Suwanting atau sekitar delapan kilometer dari puncak. Diketahui Taman Nasional Gunung Merbabu terbakar sejak Rabu (19/08/2015) malam.

Namun hingga Jumat sore api masih belum bisa dipadamkan karena medan yang sulit. Kebakaran pun meluas hingga sekitar 20 kilometer dari titik awal di Dusun Denokan, Desa Wonolelo, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Usai sempat dihentikan sementara, upaya pemadaman pun kembali dilakukan pada Sabtu (22/08/2015) pagi. Ratusan petugas gabungan yang terdiri dari SAR, TNI, Polri, Relawan serta warga sekitar diterjunkan untuk mengatasi kebakaran ini.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: