Cerita Mistis Seputar Kampung Pulo Yang Sedang Digusur

Cerita Mistis Seputar Kampung Pulo Yang Sedang Digusur

foto : viva.co.id

HarianDepok.com – Berita – DKI Jakarta , Hingga saat ini penggusuran Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur masih berlangsung. Di laporkan oleh sejumlah media, bahwa pihak aparat mengaku kesulitan untuk menertibkan wilayah tersebut. Sehingga hawa mistis pun merebak. Jika mengingat kembali cerita-cerita seputar Kampung Pulo yang dikelilingi Ciliwung akan membuat bulu kuduk jadi merinding. Warga setempat percaya jika Kampung Pulo mempunyai ‘penjaga’.

Dan hal ini sudah dipercaya selama bertahun-tahun. Penjaga yang pertama yaitu Buaya Buntung yang menghuni Ciliwung. Buaya ini tidak kasat mata. Hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu. Biasanya hewan tersebut akan menampakan diri bila akan terjadi peristiwa-peristiwa besar untuk memperingatkan warga Kampung Pulo. Tidak sedikit warga yang bersaksi, saat akan terjadi banjir besar pada tahun 1996, 2002, dan 2007, biasanya buaya buntung akan terlihat beberapa hari sebelumnya.

Cerita Mistis Seputar Kampung Pulo Yang Sedang Digusur

ilustrasi buaya buntung

Itu sebabnya, walau bencana tersebut tergolong luar biasa tetapi tidak sampai ada korban jiwa. Selain buaya buntung, Kampung Pulo juga dipercaya dihuni oleh dua mahluk halus bernama Si Gagu dan Si Sengkok. Dua mahluk tersebut yang diyakini menjaga harta benda warga setempat. Kesaksian warga pun tidak kalah membuat merinding. Kala itu tengah ramai maling motor di berbagai wilayah. Tidak pandang bulu, maling pun menggasak motor warga Kampung Pulo.

Cerita Mistis Seputar Kampung Pulo Yang Sedang Digusur

ilustrasi penampakan

Kejadian tersebut terjadi pada tahun 2001. Seorang maling motor yang hendak menggasak kendaraan milik warga. Tetapi ia tidak dapat keluar dari wilayah tersebut karena katanya malingnya diajak mutar-mutar oleh Si Gagu dan Si Sengkok. Ketika menemukan jalan keluar malah terlihat sebuah gerbang yang ada orang tinggi besar penunggu gerbang dan tidak mengizinkan si maling untuk kabur. Padahal tidak ada gerbang apa pun di Kampung Pulo. Demikian sekelumit kisah mistis dari Kampung Pulo.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: