Fitur Baru Android Marshmallow Mirip iPhone 6

Fitur Baru Android Marshmallow Mirip iPhone 6

HarianDepok.com – Tekno – Android , Google akhirnya mengakhiri teki-teki nama di balik inisial M dengan mengumumkan jika Android M telah resmi menyandang nama Android Marshmallow. Sudah jadi kebiasaan Google menamai perangkat lunaknya dengan nama-nama makanan manis, mulai dari Eclair, Jelly Bean, KitKat, dan yang terakhir Lollipop. Android Marshmallow adalah nama lain dari versi Android 6.0. Tidak seperti yang diperkirakan sebelumnya, 5.2, dengan menghadirkan beberapa fitur baru untuk dijalankan pada perangkat baru atau perangkat yang sudah ada pada akhir tahun 2015 ini.

Serupa dengan pesaingnya,  iOS 9 Apple, yang dikabarkan akan membawa beberapa fitur baru yang sudah tersedia di Android, Marshmallow juga akan menambah pilihan pembaruan yang serupa dengan iPhone 6. Dilaporkan jika Google juga akan menambah dukungan fingerprint. Selain untuk membuka kunci perangkat, fitur pemindai sidik jari tersebut juga akan mendukung sistem pembayaran online, hampir serupa dengan fitur milik pesaingnya, Apple Pay.

Untuk daya tahan baterai, Marshmallow akan dibekali dengan fitur Doze sebuah perangkatnya yang bisa dikondisikan tidur lelap ketika tidak dipakai, seperti saat diletakkan di meja kerja dan ketika malam hari. Doze akan tetap menampilkan pemberitahuan. Fitur tersebut bisa secara otomatis meredupkan layar ponsel dan beralih ke mode penghematan baterai. Google juga akan mengaktifkan asisten pribadi dalam Marshmallow lewat Google Now serupan dengan Siri Apple.

Selain itu, Marshmallow juga akan memudahkan pemakai dalam mengunduh aplikasi dengan menyederhanakan sistem akses data perangkat. Walau Google sudah resmi memberikan nama Android M dengan Marshmallow, bukan berarti jika perangkat lunak tersebut akan segera hadir pada smartphone maupun tablet dalam waktu dekat ini.

Namun sayang, belum ada informasi apakah sistem operasi Android baru itu akan hadir pada semua jenis perangkat lama Android. Seperti yang dilaporkan Digital Spy, walaupun belum diketahui waktunya, beberapa handset sudah mengkonfirmasi bakal mendapatkan update Marshmallow, yakni diantaranya One M8 dan HTC One M9, serta Google Nexus 5 dan Nexus 6.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: