Google Resmi Sandang Nama ‘Marshmallow’ Untuk Versi Android Terbarunya

Google Resmi Sandang Nama 'Marshmallow' Untuk Versi Android Terbarunya

HarianDepok.com – Tekno – Android , Sebelumnya pada konferensi Google I/O yang dihelat Mei 2015, Google menyebut-nyebut versi Android terbarunya akan hadir dengan menyandang nama ‘Android M’. Beberapa prediksi mengenai nama yang akan digunakan Android M pun terus bermunculan ke permukaan, seperti Macaroon, Muffin, dan Maple Syrup. Tapi ternyata semua prediksi tersebut meleset. Seperti yang dkabarkan CNET, Selasa (18/08/2015), secara resmi versi Android terbaru akan menyandang nama ‘Marshmallow’.

Memang selama ini diketahui Google selalu menamai versi Android besutannya dengan menggunakan nama makanan, seperti I untuk Ice Cream Sandwich, J untuk Jellybean, K untuk Kitkat, L untuk Lollipop, Pembaruan pada versi terbaru ini akan menghadirkan beberapa fitur penting baru. Misalnya seperti , Android Pay, yang akan memfasilitasi penggunanya untuk membayar barang-barang, baik di aplikasi ataupun di toko-toko retail dengan memakai handset mereka.

Tidak hanya itu, pengguna juga akan mendapatkan fitur baru di Google Now, yang disebut Now On Tap. Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengakses Google Now dengan menahan tombol Home, serupa dengan yang Apple hadirkan pada asisten digital besutannya Siri.  Dengan adanya Now On Tap, Google akan memperoleh data penting dari penggunanya, yang akan memberikan informasi berguna berdasarkan apa yang mereka lakukan pada saat itu.

Hal tersebut juga termasuk untuk memahami e-mail apa yang sedang dibaca atau mengetahui dry cleaner yang dapat dipakai, walau mungkin terdengar konyol. Marshmallow yang mempunyai nomor versi 6.0 ini diharapkan sudah dapat dirilis pada musim gugur mendatang atau sekitar 22 September 2015.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: