2 Siswa SD Bacakan Impian Anak Indonesia di Hadapan Presiden Jokowi

2 Siswa SD Bacakan Impian Anak Indonesia di Hadapan Presiden Jokowi

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Pelaksanaan upacara peringatan detik-detik proklamasi yang digelar di Istana Merdeka dalam rangka HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 tahun ini terdapat sebuah perbedaan. Di tengah-tengah acara upacara, dua siswa sekolah dasar membacakan impian dan harapan anak Indonesia di hadapan bapak Presiden Joko Widodo.  Kedua siswa tersebut adalah Erlangga Abiantara, siswa kelas VIII C Lab School Jakarta Timur dan Maria Rosana Lintang Kristiani, siswi kelas VI B SD Maria Fransisca Bekasi.

Berikut adalah isi teks impian anak Indonesia yang dibacakan oleh kedua siswa tersebut secara bergantian:

“Impian anak Indonesia Indonesia sudah merdeka 70 tahun, berbagai kemajuan telah dicapai. Saya bangga menjadi anak Indonesia, namun saya juga mempunyai mimpi tentang Indonesia di masa yang akan datang.  Inilah mimpi-mimpi kami: Saya memimpikan Indonesia 10 tahun mendatang tidak ada lagi korupsi sehingga uang pendidikan tidak berkurang, rakyat Indonesia akan pintar dan indonesia akan menjadi negara superpower.

Tiga tahun yang akan datang semua wilayah Indonesia bisa mengakses internet, wifi gratis, cepat lagi. Saya bermimpi semua orang bisa minum dari air kran, bersih, sehat, dan uang jajan tidak berkurang. Saya bermimpi, Indonesia menjadi juara Olimpiade sehingga merasa bangga ketika menontonya di televisi. Di masa penjajahan, kita dikalahkan dengan dikotak-kotakkan, dipisahkan.

Lima tahun yang akan datang saya memimpikan Indonesia yang lebih kompak sehingga menjadi negara yang kuat. Sepuluh tahun yang akan datang Indonesia akan menjadi mutiara yang berkilau, yang mempunyai daya tarik yang kuat. Bukan kita yang mencari pekerjaan ke negara lain, tetapi mereka yang mencari kerja di Indoensia.

Sepuluh tahun yang akan datang Indonesia menjadi negara yang mandiri dan tidak bergantung kepada negara lain. Bumi dan tambang dikelola oleh bangsa sendiri sehingga Indonesia menjadi kaya raya. Kami bangga menjadi anak Indonesia.”

Para tamu yang menjadi peserta upacara pun memberikan apresiasi terhadap pembacaan impian anak Indonesia tersebut. Tepuk tangan yang riuh beberapa kali terdengar saat kedua siswa tersebut menyelesaikan kalimat yang dibacanya.  Menurut Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyebutkan, jika naskah impian anak Indonesia tersebut dibuat oleh anak-anak langsung.

Bahasa yang pakai juga bahasa khas anak-anak. Pratikno mengatakan, naskah impian anak Indonesia itu disampaikan kepada Presiden Jokowi ketika digelarnya acara geladi bersih upacara peringatan detik-detik proklamasi. “Ini adalah salah satu acara tambahan. Teks sudah disiapkan oleh mereka, bahasanya juga bahasa anak-anak. Intinya adalah apa yang ingin dicapai oleh anak-anak beberapa tahun ke depan,” terang Pratikno.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok