Menantikan Wajah Baru Kota Depok

Menanti Wajah Baru Kota Depok

HarianDepok.com – Suara Pembaca , Tak lama lagi perhelatan akbar menuju Pilkada serentak akan diselenggarakan diseluruh daerah di Indonesia. Tak terkecuali bagi kota yang telah berusia 16 tahun ini, kota Depok. Depok sebagai salah satu kota yang tengah tumbuh dan berkembang memiliki banyak tantangan dan juga peluang kedepan. Momentum pemilihan kepala daerah serentak ini menjadi momentum lompatan prestasi dan juga pembangunan kota Depok.

Depok sebagai kota yang berada diantara Ibu Kota Jakarta dan kota Bogor ini, dalam kurun waktu satu dasawarsa ini telah melahirkan banyak peningkatan dan prestasi. Seperti Penghargaan Kota Layak Anak pada tahun 2015 dan Penghargaan Kota Cerdas pada tahun 2015. Tentu prestasi dan penghargaan ini tidak bisa dilepaskan dari peran serta kepemimpinan dan juga partisipasi aktif warga Depok untuk ikut serta dalam proses pembangunan.

Peran kepemimpinan di kota Depok jelas sangat penting mempengaruhi wajah kota dalam lima tahun kedepan. Depok menanti pemimpin yang memahami kebutuhan serta berpengalaman mengatur srategi pembangunan kota Depok. Bukan hanya itu, namun dalam percaturan global peran kota Depok juga harus lebih konkrit untuk berkontribusi pada kompentensi bangsa di persaingan global. Betapa tidak, keterbukaan akses informasi dan teknologi dewasa ini menuntut kota-kota besar dan potensial untuk memfasilitasi masyarakatnya menjangkau informasi dan juga kemajuan teknologi tersebut. Hal ini di aminkan oleh pemerintah kota Depok, yang bertekad mewujudkan kota Depok sebagai smart City ditahun 2025. Sehingga pembangunan dan proses untuk mencapai target tersebut haruslah diteruskan dan dibangun secara berkelanjutan.

Wajah baru kota Depok sejatinya tidak hanya ditentukan oleh kinerja pemerintah daerah yang dalam hal ini akan diemban oleh Walikota dan wakil Walikota Depok saja. Sebab kemajuan suatu masyarakat juga ditentukan oleh peran aktif masyarakat itu sendiri dalam memajukan kota dan juga lingkungannya. Sehingga pemilihan Walikota dan wakil Walikota Depok ditahun ini, kembali menjadi momentum bagi masyarakat Depok untuk menyambut perubahan dan kemajuan diwaktu yang akan datang.

Depok membutuhkan pemimpin yang jeli dan teliti melihat potensi kota Depok serta mengelolanya untuk kesejahteraan masyarakat Depok. Peran kepemimpinan yang baik disertai dengan partisipasi masyarakat Depok yang aktif tentu akan memberikan pengaruh yang positif terhadap pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat kota Depok. Demi membangun kota Depok menjadi kota yang maju dan terbaik.

Artikel kiriman dari :

Nurfahmi Islami Kaffah

 

 

 

 

 

 

Nama               : Nurfahmi Islami Kaffah
Pekerjaan       : Mahasiswa Fakultas Hukum UI

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok