Pemkot Depok Akan Membangun 15 Sekolah Negeri Tambahan di Kotanya

Pemkot Depok Akan Membangun 15 Sekolah Negeri Tambahan di Kotanya

HarianDepok.com – Berita , Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam meningkatkan pelayanan pendidikan di wilayahnya saat ini berencana untuk menambah jumlah sekolah negeri sebanyak 15 sekolah negeri dibeberapa titik lokasi di perbatasan kota. Hal ini memang sengaja dilakukannya, akibat banyaknya lulusan sekolah Depok yang tidak tertampung sehingga mereka harus banting stir bersekolah di luar kota Depok.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Depok, Hery Pansila Prabowo mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat ini berencana membangun tujuh Sekolah Menengah Atas Negeri, dua Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan enam Sekolah Menengah Pertama Negeri di wilayah kota Depok.

“Rencana pembangunan sekolah negeri ini memang kami sudah persiapkan jauh jauh hari sebelumnya karena melihat kondisi banyaknya siswa yang telah lulus sekolah SMPN tidak tertampung lagi jumlahnya di SMAN dan SMKN. Demikian pula dengan siswa yang baru lulus Sekolah Dasar yang tidak tertampung di SMPN,” ujarnya pada saat dirinya menghadiri acara HUT RI yang Ke 70 di Balaikota, Senin (17/08/2015).

Hery pun menuturkan bahwa rencana penambahan sekolah negeri sebanyak 15 unit ini telah disepakati bersama oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) setelah adanya koordinasi oleh Pemkot Depok yang melaporkan adanya permasalahan tersebut kepada kedua belah pihak tersebut.

“Dalam tiap tahunnya, siswa siswi lulusan sekolah kota Depok berjumlah sekitar 50 ribu siswa, sedangkan tempat untuk menampung para siswa yang akan masuk ke jenjang yang lebih tinggi ini sangatlah kurang memadai. Dengan adanya hal tersebut dan ditambahkan pula oleh desakan masyarakat kota Depok untuk segera menambah sekolah, akhirnya rencana penambahan sekolah disetujui oleh pemerintah,” tuturnya.

Dengan adanya persetujuan dari pemerintah pusat dan daerah Provinsi Jawa Barat untuk menambah jumlah sekolah di kota Depok, berarti jumlah sekolah di tiap tiap tingkatannya akan bertambah dengan rincian SMAN menjadi 20 sekolah yanv sebelumnya hanya 13 sekolah, SMKN bertambah menjadi 6 sekolah yang sebelumnya hanya terdapat 4 sekolah dan SMPN menjadi 30 sekolah yang sebelumnya hanya terdapat 24 sekolah.

Menurut keterangannya, bahwa penambahan sekolah sekolah yang nantinya akan dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok nantinya, akan difokuskan dan dipusatkan di beberapa perbatasan wilayah antara kota Depok dengan wilayah kota DKI Jakarta, kota Bogor, kota Tanggerang dan Kota Bekasi. ” Seluruh tambahan sekolah nantinya akan kami pusatkan di beberapa titik lokasi perbatasan kota antara kota Depok dengan, DKI Jakarta, Bogor, Bekasi dan Tanggerang,” ujarnya. (Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)