Inilah Video Lagu Indonesia Raya 1927 Versi Aslinya

Inilah Video Lagu Indonesia Raya 1927 Versi Aslinya

HarianDepok.com – berita – Nasional , Apabila anda penasaran dengan Lagu Indonesia Raya Versi Aslinya, anda bisa menggunakan kata kunci “Indonesia Raya 1927” di Youtube, disana anda akan menemukan video yang diunggah oleh akun kcmjadul yang berjudul “Indonesia Raya tahun 1927”. Dalam video tersebut memperlihatkan seorang anak kecil yang sedang memutar piringan hitam yang berisi lagu Indonesia Raya versi tahun 1927. Video yang diunggah pada tanggal 26 Juli 2011 hingga hari ini Senin (17/08/2015), baru dilihat sekitar 400 kali.

“Known as Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, recorded by Yo Kim Tjan in speed 78 gramaphone disc, conduct by W.R Soepratman himself, orchestra,” demikian bunyi penjelasan di video tersebut. Dalam video tersebut juga memperlihatkan seorang anak tengah memutar plat piringan hitam dengan tulisan “Indonesia Raja”. Lagu Indonesia Raya dengan alunan keroncong kemudian terdengar jernih, yang diikuti dengan pengambilan gambar arsip Kompas pada tanggal 29 Januari 2001 halaman 18 yang berjudul “Indonesia Raya Raib dari Pasar Baru”.

Video tersebut adalah satu-satunya yang ada di Youtube atau tidak ada orang lain yang mengunggah video yang serupa, dengan demikian pengunggah video pastinya paham betul dengan piringan hitam yang ada dalam video tersebut. Piringan hitam itu disebut sebagai rekaman lagu Indonesia Raya atau dulu ditulis Indonesia Raja versi pertama yang direkam di piringan hitam. Sebelumnya di berbagai publikasi disebut-sebut jika rekaman asli Indonesia Raya versi piringan hitam yang pertama sudah hilang usai diserahkan ke pemerintah Indonesia.

[ TaufikHidayat/HD ]

 

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok