Kisah Jurnalis Cantik Amanda: Diculik di Somalia, Kini ke Hollywood

HarianDepok.com – Berita Nasional – Amanda Lindhout menjadi korban penculikan dan pemerkosaan di Somalia pada tahun 2008 lalu. Kini, berselang 6 tahun kemudian, kisahnya akan diangkat ke panggung Hollywood. Bagaimana ceritanya?

Pada tahun 2008 lalu, Amanda yang seorang wartawan lepas ini sedang melakukan peliputan di Mogadishu, Somalia. Wanita asal Kanada tersebut masih berusia 27 tahun. 

Saat memasuki hari ketiga bertugas, Amanda dan krunya tiba-tiba disergap oleh sejumlah pemuda bersenjata AK-47. Amanda dan fotografernya, Nigel Brennan, serta sopir dan pemandu, diculik.

Selama 460 hari, Amanda hidup dalam penderitaan. Para penculik memukul, memperkosa dan menahannya di sebuah ruangan gelap dengan kaki yang dililit rantai. 

Lewat negosiasi alot, Amanda dan Nigel akhirnya bisa dibebaskan pada November 2009. Keluarganya membayar uang tebusan kepada para penculik senilai US$ 600.000. 

Setelah dibebaskan, Amanda kemudian menuliskan pengalaman pahitnya tersebut dalam sebuah buku ‘A House in the Sky’. Dia bercerita soal keberaniannya untuk bertahan hidup.

“Saya menemukan kekuatan jiwa manusia itu benar-benar hidup di diri kita semua,” ucapnya seperti dikutip dari CNN, Kamis (10/7/2014).

Selain itu, dia juga mengorganisir sebuah organisasi untuk memperkuat peran wanita dan anak-anak di Somalia. Yayasan bernama Global Enrichment Foundation (GEF) menyediakan fasilitas pendidikan, kesehatan dan bantuan makanan untuk rakyat Somalia.

“Sangat jelas, orang-orang yang menculik saya adalah produk perang dan mereka dibentuk oleh perang itu,” katanya.

Uniknya, Amanda pernah berkomunikasi kembali dengan salah seorang penculik lewat media sosial facebook. Sang penculik mengirim pesan padanya dan memuji langkah yang sudah dilakukan Amanda di Somalia.

“Faktanya mereka tahu apa yang saya lakukan di Somalia sekarang… Saya memilih untuk membalas mereka dengan kasih sayang. Mereka juga bisa melihat apa yang sudah dilakukan mereka tidak menghancurkan saya. Inilah keadilan yang paling baik yang bisa saya dapatkan,” terangnya.

Nah, karena kisahnya menginspirasi, para pembuat film tertarik untuk mendokumentasikannya. Hak itu didapatkan oleh rumah produksi Annapurna Pictures yang sudah pernah membuat film terkenal seperti American Hustle, Her dan Zero Dark Thirty.

Aktris yang akan memerankan sosok Amanda adalah Rooney Mara. Dia pernah bermain di film The Girl with the Dragon Tattoo.

 

[ADM/HD]

(Sumber :Detik.com)

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer