Hasil Athletic Bilbao Vs Barcelona 4-0, Piala Super Spanyol 2015

Hasil Athletic Bilbao Vs Barcelona 4-0, Piala Super Spanyol 2015

HarianDepok.com – Piala Super Spanyol , Pada pertandingan leg pertama Piala Super Spanyol 2015, juara Copa Del Rey 2015 Athletic Bilbao membuat kejutan besar. Los Leones sukses membantai tim yang sudah mendapat empat trofi pada tahun ini, Barcelona, dengan skor sangat telak 4-0. Pada laga yang digelar di San Mames, Sabtu (15/08/2015) dinihari WIB, Barcelona menurunkan tim yang sedikit berbeda dibandingkan ketika menghadapi Sevilla di ajang Piala Super Eropa.

Sergio Busquets, Gerard Pique, dan Jeremy Mathieu tidak dimainkan, sedangkan Javier Mascherano dipasang sebagai gelandang. Sementara Ivan Rakitic dan Andres Iniesta baru dimainkan pada babak kedua. Di barisan depan, manajer Luis Enrique menurunkan pemain-pemain terbaiknya, yaitu Luis Suarez, Lionel Messi, dan Pedro Rodriguez. Sementara Neymar masih absen karena sakit. Menjadi tuan rumah, Bilbao berhasil membuka skor di menit ke-13.

Gol spektakuler dari Mikel San Jose membawa tim tuan rumah unggul terlebih dulu. Gol tersebut tercipta dari bola lambung yang ditendang oleh kiper Gorka Iraizoz. Bola panjang dari Iraizoz hingga mencapai lini pertahanan Barca walau tidak ada pemain Bilbao di sana. Kiper Barca, Marc-Andre Ter Stegen, keluar dari sarangnya dan menanduk si kulit bundar sedikit di luar kotak penalti. Aksi Ter Stegen itu kemudian dimanfaatkan oleh Mikel San Jose.

Sebelum Ter Stegen kembali ke bawah mistar, ia menembak dari jarak yang hampir setengah lapangan. Bola meluncur deras ke gawang Barca, sedangkan Ter Stegen hanya terpana. Pada menit ke-53 Bilbao berhasil menggandakan keunggulan  lewat gol Aritz Aduriz. Berawal dari umpan matang Sabin Merino, Aduriz sukses membobol gawang Barca dengan tandukannya. 2-0 untuk Bilbao. Memasuki menit ke-62, Aduriz kembali membobol gawang Barca.

Kegagalan lini belakang Barca menghalau sebuah umpan silang yang dengan sempurna dimaksimalkan oleh penyerang bernomor punggung 20 itu. Setelah menerima umpan pendek Javier Eraso, Aduriz melepaskan tembakan yang bersarang di pojok bawah gawang. Barca semakin tertinggal, skor 3-0. Hanya butuh waktu enam menit, Bilbao kembali sukses membobol gawang Barca. Kali ini gol tercipta dari titik putih. Barca mendapat hukuman penalti usai Dani Alves melanggar Xabier Etxeita.

Aduriz yang maju sebagai algojo berhasil mengeksekusi bola dengan baik sekaligus menjadikannya hat-trick. Hingga peluit panjang akhir pertandingan dibunyikan, skor 4-0 tidak berubah. Dan Bilbao berhasil menjadi jura di leg pertama. Bagi Bilbao, kemenangan besar ini membuat mereka memiliki kans besar untuk meraih trofi. Sedangkan Barcelona harus menang minimal lima gol tanpa balas di leg kedua yang akan digelar di Camp Nou, pada Senin (17/08/2015) mendatang, untuk kembali mendapatkan trofi.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: