Pemkot Depok Berencana Bangun Jalan Layang di jalan Sawangan Dalam Waktu Dekat Ini

Pemkot Depok Berencana Bangun Jalan Layang di jalan Sawangan Dalam Waktu Dekat Ini

HarianDepok.com – Berita – Sawangan , Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mengatasi kemacetan di daerahnya saat ini tengah melakukan perencanaan pembangunan jalan layang yang menghubungkan antara Jalan Dewi Sartika dan Jalan Raya Sawangan yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Depok,  Hardiono dalam tanggapannya mengenai rencana tersebut mengatakan bahwa dirinya telah mencoba menawarkan kajian mengenai rencana pembangunan jalan layang tersebut sehingga bisa menjadi rujukan dalam musyawarah nanti.

“Kami saat ini sedang melakukan pengkajian dan perhitungan terhadap rencana pembangunan jalan layang yang akan menghubungkan dua jalan utama di kota Depok ini. Untuk besarnya biaya pelaksanaannya nanti, diperkirakan akan menelan biaya sebanyak 1 triliun rupiah,” tuturnya di Depok, Rabu (12/08/2015).

Untuk menjalankan dan mensukseskan rencana pembangunan jalan raya tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan menggandeng beberapa perusahaan swasta karena saat ini, pemerintah sangat sulit untuk mengeluarkan biaya sebesar itu, apalagi dana sebesar tersebut hanya diperuntukkan sebagai jalan layang saja.

“Layout nya masih dalam tahap pembahasan, hal ini dikarenakan oleh adanya rencana untuk melibatkan pihak swasta dalam rencana proyek pembangunan jalan raya tersebut. Oleh sebab itu masih dimusyawarahkan apakah nantinya akan melakukan bagi hasil atau bagaimana di pembangunannya nanti,” tuturnya.

Di lain pihak, Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Perhubungan kota Depok, Ari Manggala menjelaskan bahwa beberapa jalan raya yang ada di kota Depok yang sering terjadi kemacetan parah salah satunya adalah Jalan Raya Sawangan. Pasalnya pada jalan raya tersebut, kendaraan yang melintas bisa mencapai hingga 1.200 kendaraan per dua jamnya yang mengakibatkan kemacetan parah setiap harinya.

Jika ada pembangunan jalan layang yang mengubungkan antara Jalan Raya Sawangan dengan Jalan Dewi Sartika, maka volume kemacetan yang biasa terjadi di kedua jalan tersebut dapat berkurang dan bisa dikatakan akan lancar tanpa adanya hambatan di arus lalu lintasnya.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: