Disdamkar Kota Depok Himbau Masyarakat Agar Waspada Terhadap Kebakaran di Kemarau Panjang ini

Disdamkar Kota Depok Himbau Masyarakat Agar Waspada Terhadap Kebakaran di Kemarau Panjang ini

HarianDepok.com – Berita – Bojongsari , Banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya musibah kebakaran. Salah satunya adalah kemarau panjang yang saat ini tengah melanda Indonesia. Seperti yang diketahui bahwa, musim kemarau selain dapat menimbulkan kebakaran juga bisa memicu terjadinya berbagai penyakit seperti dehidrasi abnormal yang dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Di kota Depok sendiri saat ini, musim kemarau disikapi langsung oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) kota Depok dengan berjaga jaga selama 24 jam nonstop guna mengantisipasi adanya kebakaran di wilayah kota Depok yang disebabkan oleh beberapa hal termasuk musim kemarau panjang saat ini.

Kepala Tata Usaha UPT Pemadam Kebakaran Sawangan, Bojongsari, Djoko Setiono mengatakan bahwa, banyaknya kasus kebakaran yang terjadi hingga sampai saat ini lebih banyak disebabkan oleh adanya arus pendek listrik, namun dirinya pun mengakui bahwa ada juga kasus kebakaran yang terjadi disebabkan oleh musim kemarau.

“Pada saat musim kemarau panjang terjadi, suhu matahari akan meningkat secara signifikan. Karena material di bumi kering akibat berkurangnya kadar air, akibatnya material tersebut dapat dengan mudah terbakar oleh sinar matahari yang terbantu oleh reaksi alam sekitar,” terangnya di DDepok Selasa (11/08/2015).

Selain daripada itu, Djoko pun tak bosan bosannya menghimbau kepada masyarakat kota Depok ketika adanya pemadaman listrik yang tiba tiba karena disebabkan oleh suatu hal yang mendadak, agar selalu memperhatikan penggunaan penerangan alternatif seperti lilin ataupun lampu tempel agar selalu terhindar dari musibah kebakaran yang biasanya terjadi akibat lengahnya seseorang terhadap nyalanya api buatan tersebut.

“Kami selaku petugas Pemadam Kebakaran berkewajiban untuk menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya Depok agar selalu memperhatikan penggunaan perangkat penerangan alternatif agar selalu terhindar dari adanya musibah kebakaran. Hal ini harus betul betul diwaspadai oleh masyarakat,” tegasnya.

Lain daripada itu, dirinya pun juga berharap kepada masyarakat agar tidak mengolah sampah taman ataupun sampah rumah tangga dengan cara dibakar. Selain menimbulkan polusi udara, hal tersebut juga diindikasikan bisa memicu terjadinya kebakaran. Oleh sebab itu dirinya pun juga mengajak masyarakat untuk mengolah sampahnya dengan bijak.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)