Darmin Nasution Resmi Geser Sofyan Djalil Jadi Menko Perekonomian

Darmin Nasution Resmi Geser Sofyan Djalil Jadi Menko Perekonomian

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (12/08/2015) kemarin telah melakukan reshuffle kabinet kerja. Terdapat lima orang menteri yang dicopot dari jabatannya oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu, dan satu orang menteri digeser. Sofjan Wanandi, Ketua Tim Ahli Wapres mengatakan, Menko Perekonomian Sofyan Djalil akan digeser menjadi Menteri PPN/Kepala Bappenas menggantikan Andrinov Chaniago.

“Hanya Menko Perekonomian ekonomi Digeser ke Bappenas, lalu Darmin Nasution yang menjadi Menko Perekonomian,” ujar Sofjan , Rabu (12/08/2015). Sedangkan lima menteri yang dicopot dari jabatannya yakni Menko Maritim Indroyono Soesilo, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinov Chaniago dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto. Ketika disinggung alasan di balik reshuffle, Sofjan enggan berkomentar. “Saya tidak mau beri komentar karena itu sudah wewenang presiden,” ucapnya.

Diketahui Darmin Nasution terakhir menjabat sebagai Gubernur BI periode 2010-2013. Periode yang singkat ini karena ia meneruskan masa jabatan gubernur sebelumnya, yaitu Boediono yang saat itu menjadi wakil presiden. Sebelumnya ia menduduki posisi Deputi Gubernur Senior BI, setelah menjabat sebagai Direktur Jendral Pajak periode 2006-2009. Karirnya memang bergelut di sektor keuangan, seperti Ketua Bapepam dan Lembaga Keuangan periode 2005-2006 serta Direktur Jendral Lembaga Keuangan periode 2000-2005.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok