Thomas Lembong Kaget Ditunjuk Jadi Menteri Perdagangan

Thomas Lembong Kaget Ditunjuk Jadi Menteri Perdagangan

foto : tempo.co

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Pada hari Rabu (12/08/2015) Rachmat Gobel  resmi digantikan oleh Thomas Lembong menduduki kursi tertinggi di Kementerian Perdagangan.  Pria lulusan Universitas Harvard itu mengaku kaget saat Presiden Joko Widodo memintanya menjabat sebagai Menteri Perdagangan.  “Saya dikasih tahu tadi pagi bahwa pukul 13.00 WIB saya diminta hadir untuk dilantik di Istana Negara, dan saya cukup kaget,” ucap Thomas setelah serah terima jabatan di Kementerian Perdagangan, Rabu (12/08/2015).

Walau kaget, pria yang akrab disapa Tom itu mengaku merasa senang dan bersedia untuk dilantik sebagai menteri perdagangan. Karena jalan ini dirasa merupakan peluang besar untuk mengabdi dan memberikan sumbangsih pada negara. “Gaya saya sangat informal karena latar belakang saya dari sektor swasta, jadi saya minta maaf jika saya yang belum terbiasa dengan gaya pemerintahan,” ujar Thomas.

Thomas adalah seorang Chief Executive Officer yang merangkap sebagai Managing Partner di sebuah perusahaan ekuitas yang berkantor pusat di Singapura, yaitu Quvat Management Pte Ltd. Karir Tom memulai di bidang keuangan ketika ia bekerja di divisi ekuitas di Morgan Stanley, Singapura pada tahun 1995-1996. Sejak saat itu, karir Tom pun melesat dan ia sempat menjadi bankir investasi di Deutsche Securities Indonesia pada tahun 1999-2000.

Pada tahun 2000-2002, Tom menjabat sebagai Kepala Divisi serta Deputi Senior Badan Penyehatan Perbankan Indonesia. Kemudian Tom bergabung dengan perusahaan investasi Farindo Investment pada tahun 2002-2005. Setelah itu, pada tahun 2006 Tom mendirikan perusahaan investasi Quvat Capital. Perusahaan yang dipimpinnya itu mempunyai komitmen dana sebesar 500 juta dolar AS.

Tidak hanya itu, Quvat juga mempunyai sebelas perusahaan portfolio di sejumlah sektor seperti logistik kelautan, keuaangan dan konsumen. Selain itu, Tom juga adalah seorang pengusaha muda yang pernah mendapatkan prestasi mumpuni. Pada tahun 2008, ia berhasil memperoleh gelar Young Global Leader oleh World Economic Forum. Tom juga menjadi Presiden Komisaris PT Graha Layar Prima Tbk sejak tahun 2012.

[ MuhammadKhotib/HD

Tags: