5 Warga Diamankan Akibat Kibarkan Bendera Merah Putih Lambang Parang

5 Warga Diamankan Akibat Kibarkan Bendera Merah Putih Lambang Parang

foto : kendaripos.co.id

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Sepekan  menjelang perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-70, nampak sebuah bendera merah putih bersimbol parang berkibar di halaman rumah La Lengo, seorang warga desa Kontukowuna, Kecamatan Kontukowuna, Kota Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra). Petugas TNI yang mendapatkan laporan dari warga, langsung menyambangi kediaman La Lengo, kemudian menurunkan bendera tersebut. Lalu mengamankan lima orang di Polres Muna untuk diproses lebih lanjut.

Seperti yang diungkapkan Komandan Distrik Militer (Dandim) Muna, Letnan Kolonel (Letkol) Meyer Edwin Sianturi, Selasa (11/08/2015) malam, “Setelah menerima laporan dari Danramil Kabawo, saya langsung bergerak. kok ada bendera berwarna merah putih dengan logo parang silang berkibar di rumah warga,” ujarnya. Dari hasil pemeriksaan, rumah La Lengo adalah markas Lembaga Badan Intelijen Perjuangan (BIP) 45 yang beroperasi sejak bulan Oktober 2014 lalu.

Menurut pengakuan lima pengurus yang berada di lokasi ketika penggrebekan, pada Senin (10/8/ 2015), BIP 45 ini bergerak di bidang koperasi simpan pinjam. “Tidak terlihat adanya aktivitas perkantoran layaknya koperasi. Malah aneh mengaku koperasi tapi nama lembaga memakai nama Badan Intelijen Perjuangan,” tutur Meyer. Lima orang pengurus BIP yang sudah diamankan ketika penggrebekan saat ini sudah diboyong ke Polres Muna untuk dimintai keterangan. Kelimanya yaitu La Mbali (bendahara), Fasrun Hidayat (sekertaris), Norma, Wa Sila dan La Rahao.

Sedangkan La Lengo, pemilik rumah belum diperiksa, karena masih berada di luar kota. Selain menyita bendera bergambar parang, dari rumah La Lengo, petugas juga mengamankan barang bukti lainya berupa laptop, ribuan KTA koperasi, , dokumen organisasi dan ratusan KTP. Namun pihaknya belum dapat menentukan apakah kasus ini makar atau organisasi terlarang. “Kami dan Polri masih melakukan penyelidikan, jika ada unsur kita akan proses lebih lanjut,” ujarnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok