Manfaat Posisi Tidur Menyamping ala Rasulullah SAW

Manfaat Posisi Tidur Menyamping ala Rasulullah SAW

HarianDepok.com – Kesehatan , Hasil penelitian kembali mengungkap manfaat tidur miring ke kanan yang sering dilakukan Rasulullah SAW. Ilmuwan menemukan bahwa posisi tidur menyamping ini bisa mencegah risiko Alzheimer serta penyakit neurologis lainnya. Seperti yang dilansir Dailymail, Senin (10/08/2015), hasil penelitian ini mengacu pada hasil studi sebelumnya yang menemukan terdapat reaksi pada sistem limfatik dan otak untuk membuang racun pada tubuh selama dalam keadaan tidur.

Seperti yang diungkapkan pemimpin penelitian tersebut, Dr Maiken Nedergaard, “Otak mempunyai keterbatasan energi yang membuatnya berada hanya pada dua pilihan, terjaga atau tidur. Ibarat ada sebuah pesta di rumah, kita hanya dapat membersihkan semuanya saat semua tamu pulang, dalam hal ini saat kita tidur,” ujarnya. Ia menambahkan, tetapi ada yang jauh lebih penting.  Tidur pada posisi menyamping lebih efektif menghilangkan penumpukan racun di otak, atau dikenal dengan sistem glymphatic.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience ini menambah dukungan bahwa tidur ternyata dapat meningkatkan fungsi biologis tubuh. Menurut rekan penulis studi, Dr Helene Benveniste menyebutkan, beberapa jenis demensia berhubungan dengan gangguan tidur. Dan sulit tidur ini bisa mempercepat hilangnya ingatan pada penyakit Alzheimer. “Berdasarkan hasil temuan ini, kami menyarankan bahwa postur tubuh dan kualitas tidur harus dipertimbangkan,” tutupnya.

[ NurMungil/HD ]

Tags:
author

Author: