Susu Sapi Bikin Anak Jadi Cepat Marah

Susu Sapi Bikin Anak Jadi Cepat Marah

HarianDepok.com – Kesehatan , Anak laki-laki memang cenderung lebih aktif dan agresif dibandingkan dengan anak perempuan. Namun banyak juga anak yang berperilaku hiperaktif karena makanan dan karena kondisi tertentu. Baru-baru ini, sebuah stasiun swasta di Malaysia (TV3) yang menayangkan program Fiqh wanita menyebutkan jika mengonsumsi susu sapi akan membuat anak menjadi mudah marah. Benarkah demikian?

Susu Sapi Bikin Anak Jadi Cepat Marah

foto : liputan6.com

Seperti yang dilansir Livestrong, tenyata terdapat beberapa kondisi yang bisa membuat susu sapi ini bereaksi pada anak, misalnya seperti:

  1. Alergi susu

Sebuah lembaga kedokteran, Foundation for Integrated Medicine mencatat, ada seorang anak yang apabila meminum susu akan menjadi hiperaktif, emosional, dan masalah konsentrasi. Alergi susu juga bisa mempengaruhi aspek lain di luar perilaku, seperti  hidung meler,  perubahan kulit, dan sakit kepala.

  1. Tumbuh kembang

Walaupun sejumlah penelitian menemukan hubungan negatif antara susu dan perilaku anak, namun susu adalah nutrisi penting bagi awal pertumbuhan. Susu dipercaya mengandung akson, sel saraf di otak yang berguna untuk menjaga suasana hati dan perilaku anak.

  1. Autisme

Banyak penelitian menemukan, kandungan kasein (protein yang ditemukan dalam produk susu) bisa menimbulkan respon negatif dan masalah gastrointestinal pada anak autis.

  1. Tryptophan

Susu juga mengandung asam amino yang dikenal sebagai triptofan, yang penting untuk perkembangan dan pertumbuhan pada bayi serta peraturan nitrogen pada orang dewasa. Triptofan ini juga berperan untuk penciptaan serotonin, sejenis neurotransmitter yang ditemukan dalam otak. Serotonin berhubungan dengan perilaku impulsif serta agresif khususnya pada anak laki-laki.

[ NurMugil/HD ]

 

Rate this article!
Tags:
author

Author: