Pemkot Depok, Dukung ASI Eksklusif di Wilayahnya

Pemkot Depok, Dukung ASI Eksklusif di Wilayahnya

HarianDepok.com – Berita , Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif merupakan asupan makanan dan gizi yang paling baik untuk bayi dari lahir hingga beranjak berusia enam bulan ketimbang pemberian asupan makanan dengan menggunakan susu formula jenis apapun di dunia ini.

Oleh sebab itu dunia pun memberikan penghargaan kepada perilaku pemberian ASI Eksklusif tersebut dengan menjadikan tanggal 01 hingga 07 Agustus sebagai Pekan ASI Sedunia (PAS) atau biasa dikenal dengan ‘World Breastfeeding Week’ (WBF).

Seperti yang diketahui bahwa menyusui adalah kegiatan atau perilaku dari orangtua kepada buah hati yang alami dengan maksud pemberian asupan makanan kepada bayi sehingga bayi dapat sehat dan berkembang dengan baik. Namun karena roda jaman semakin kedepan semakin modern hal tersebut semakin ditinggalkan oleh kaum ibu dengan menggunakan susu formula sebagai pengganti ASI.

Banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh para kaum ibu di jaman modern saat ini menjadi salah satu penyebab semakin berkurangnya kegiatan tersebut. Oleh sebab itu, demi menjaga serta mensukseskan kegiatan pemberian ASI Eksklusif tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah mengeluarkan berbagai regulasi terkait pemberian ASI Eksklusif kepada bayi usia dibawah enam bulan.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, dr.Tri Wahyuningsih dalam menanggapi perihal tersebut mengatakan, pentingnya pemberian asupan makanan terhadap bayi dibawah enam bulan dengan memberi ASI Eksklusif secara rutin akan selalu didukung oleh Pemkot Depok.

“Pemberian ASI Eksklusif pada bayi sejak usia satu hari hingga enam bulan sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan bayi agar lebih baik. Oleh sebab itu, Pemkot Depok akan selalu mendukung hak tersebut melalui peraturan serta kebijakan yang mendukung kesuksesan pemberian ASI Eksklusif sejak usia dini,” tuturnya di Depok, Sabtu (08/08/2015).

Selain daripada itu, Tri juga mengatakan bahwa dalam mensukseskan hal tersebut, Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail pun mendukung secara penuh pemberian ASI Eksklusif tersebut dengan dibuktikan oleh adanya kebijakan yang dikeluarkannya kepada seluruh pegawai pria pemerintah atas pemberian cuti melahirkan.

Dengan diberikan cuti melahirkan kepada seluruh pegawai pria pemerintah kota Depok, dimaksudkan agar para calon ayah dapat menemani serta menjaga istrinya untuk menjalani proses persalinan. Selain daripada itu, pemberian hak cuti tersebut juga dimaksudkan untuk mendorong para suami agar memberikan bimbingan kepada istrinya untuk memberikan ASI Eksklusif kepada sang bayi.

“Dengan diberikan kebijakan dan regulasi mengenai ASI Eksklusif oleh Pemkot Depok, diharapkan para ibu tidak perlu lagi bimbang dalam memberikan asupan makanan terbaik bagi bayinya,” tandasnya.(Izl)

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)