Distan Kota Depok Perkirakan Permintaan Hewan Kurban Tahun Ini Melonjak Naik

Distan Kota Depok Perkirakan Permintaan Hewan Kurban Tahun Ini Melonjak Naik

HarianDepok.com – Berita , Menjelang hari raya Idul Adha di kota Depok pada tahun 2015 ini diperkirakan permintaan hewan kurban seperti kambing dan sapi akan melonjak naik. Pasalnya hari raya Idul Adha tahun ini mendekati hari Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kota Depok pada 09 Desember 2015 mendatang.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan kota Depok, Tinte Kusmiati dalam tanggapannya mengenai perihal tersebut mengatakan bahwa jatuhnya hari raya Idul Adha di tahun 2015 ini mendekati hari Pilkada kota Depok pada Desember mendatang diperkirakan akan mengalami lonjakan permintaan sebesar 7 hingga 12 persen dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 62 ribu ekor yang terdiri dari sapi dan kambing.

“Diperkirakan untuk permintaan hewan kurban akan naik. Dan dari perhitungan kami, kenaikan permintaan akan bertambah 7 hingga 12 persen yang lebih banyak dari tahun sebelumnya. Hal ini diperkirakan dipengaruhi oleh adanya perhelatan akbar Pilkada kota Depok yang akan dilakukan pada akhir tahun ini,” ungkapnya, Kamis (06/08/2015).

Menurut informasi yang dihimpun rekan media dilapangan bahwa jumlah hewan kurban pada tahun 2014 tercatat lebih dari 25 ribu ekor hewan kurban yang terdiri dari sapi sebanyak 9.192 ekor, domba 4.264 ekor, kerbau 31 ekor dan kambing 12.460 ekor. Jika tahun 2015 ini akan mengalami kenaikan sebesar 17 persennya, maka total kebutuhan hewan kurban tahun ini sebesar 28 ribu ekor.

Menurut Tinte, perkiraan tersebut akan dipastikan terjadi di tahun ini karena pada beberapa tahun yang lalu, kejadian lonjakan di acara pemilu kemarin telah mengalami hal yang serupa dengan bertambahnya permintaan hewan kurban. Hal tersebut bahkan sudah terlihat dari perkiraan data statistik yang ada.

Oleh sebab itu, perayaan Idul Adha di tahun ini dipastikan akan dimanfaatkan oleh para pasangan dari seluruh partai politik di kota Depok sebagai media silaturahmi dan memperkenalkan diri ke masyarakat kota Depok. Selain daripada itu keadaan tersebut juga menjadi sarana komunikasi masyarakat kepada para calon pemimpinnya dalam menyuarakan kota Depok di masa yang akan datang.

“Peningkatan permintaan hewan kurban ini kami prediksikan akan lebih besar ketimbang tahun sebelumnya yang hanya sebesar 11 persen saja. Untuk menyiasati bertambahnya permintaan hewan kurban di tahun ini, kami akan berupaya melakukan komunikasi dengan daerah lain untuk dapat menutupi permintaan tersebut,”

Meski kota Depok masih bergantung dengan pasokan hewan kurban dari daerah luar seperti Jawa Tengah dan kota lain di Jawa Barat namun kota Depok masih bisa memenuhi kebutuhan hewan kurbannya sendiri sebanyak 15 persen atau 4.000 ekor.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)