Cegah Kecurangan di Pilpres 2014, Ini Imbauan Kapolri

HarianDepok.com – Berita Nasional –  Kapolri Jenderal Sutarman berjanji polisi akan mengawasi Pilpres 2014 agar tidak terjadi kecurangan. Ia pun mengimbau masyarakat turut berperan aktif. 

“Diharapkan masyarakat memilih dengan jernih tanpa terpengaruh politik uang, intimidasi, dan tanpa terpengaruh kekerasan. Ini harapan kita (Polri),” kata Sutarman, dalam dialog bertajuk ‘Kemerdekaan Pers dalam Kaitannya dengan Pemilihan Presiden’ di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (4/6/2014). Panglima TNI Jenderal Moeldoko juga hadir sebagai pembicara dalam acara itu.

Kata Sutarman, masyarakat harus ikut mengawal jalannya pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada 9 Juli nanti. Ia pun memberikan tips jitu untuk meminimalisir kecurangan.

“Kita harapkan relawan mengawasi seluruh TPS, kalau perlu kita merekam penghitungan suara yang ada di TPS. Kalau terjadi sengketa pemilu di MK, rekaman itu bisa menjadi alat bukti,” imbuh Sutarman.

“Surat suara akan didorong ke TPS, pendorongan ini harus kita ikuti jangan sampai terjadi penggelembungan suara, perubahan suara pada perjalanan sampai penghitungan di TPS nanti,” sambung Sutarman. Ia pun berpesan agar masyarakat mengawasi secara jujur dan tidak berpihak.

“Kita sama-sama menjaga, pemilu harus aman, lancar, tertib, demokratis, dan yang terpenting harus juga berkualitas. Rakyat harus benar-benar menggunakan hak suara tanpa terpengaruh apapun,” tandas Sutarman.

 

[ADM/HD]

(Sumber :Detik.com)

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer