Hari Ini Google Doodle Peringati Penemuan Lampu Lalu Lintas ke-101

Hari Ini Google Doodle Peringati Penemuan Lampu Lalu Lintas ke-101

HarianDepok.com – Tekno , Hari ini mesin pencarian raksasa Google ikut merayakan ulang tahun ke-101ditemukannya system lampu lalu lintas. Terlihat pada Google Doodle yang menampilkan animasi berbentuk gambar mobil yang berhenti saat lampu jalan raya berwarna merah, dan kembali berjalan saat lampu jalan raya itu beralih menjadi warna hijau. Saat perkembangan teknologi mesin sudah mulai banyak digunakan oleh orang-orang, Lampu lalu lintas pun kemudian untuk yang pertama kalinya dipublikasikan pada tahun 1868.

Lampu lalu lintas pertama kali terpublikasikan di London di dekat Gedung Parlemen. Namun, pada saat itu lampu lalu lintas baru memiliki dua warna, yakni hijau dan merah. Orang yang pertama kali menempukan lampu lalu lintas yaitu Lester Farnsworth Wire yang mencoba untuk bisa memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Kemudian seorang warga negara AS, Garrett Augustus Morgan berupaya membuat lampu lalu lintas agar dapat digunakan dengan cara efisien dan juga lebih aman.

Awal mula eksperimen ini berawal ketika ia menyaksikan tabrakan yang terjadi antara kereta kuda dan mobil. Insiden itu berlangsung disebabakan pada saat itu system penyusunan lalu lintasnya masih menggunakan tanda stop and go. Lalu ia membuat lampu jalan raya berbentuk seperti huruf T. Lampu ini terbagi dalam 3 lampu dengan warna yang berbeda, yaitu tanda stop yang diwarnai dengan lampu merah, go diwarnai lampu hijau, dan posisi stop diwarnai lampu kuning. Lampu kuning sebagai pemberi jeda ketia kendaraan mulai berjalan atau mulai berhenti.

Lampu kuning juga sebagai tanda untuk berikan peluang berhenti dan jalan dengan cara perlahan. Berkat adanya penemuan-penemuan masa lalu untuk memberikan keamanan serta kenyamanan untuk para pengendara, akhirnya dapat digunakan hingga saat ini dan terus dikembangkan agar dapat menghindari kecelakaan yang terjadi dijalan. Berkat perkembangan teknologi yang semakin pesat sehingga bisa membantu pengguna jalan agar dapat berjalan lebih aman dan nyaman dijalan raya dengan penggunaan lampu lalu lintas yang sudah disempurnakan saat ini.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok