Video Penampakan Meteor `Fireball` di Langit Argentina

Video Penampakan Meteor `Fireball` di Langit Argentina

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Di wilayah Negara Argentina beberapa hari lalu dikejutkan dengan penampakan bintang jatuh atau meteor yang terjadi pada malam hari. Melalui sebuah unggahan video yang beredar di YouTube, penampakan yang direkam oleh kamera milik salah seorang warga setempat itu memperlihatkan meteor berwarna hijau yang berekor api terbang melesat melintasi awan. Sontak, video penampakan meteor tersebut menghebohkan warga Argentina serta netizen di jagat maya.

Namun rupanya Video tersebut bukanlah satu-satunya video yang menunjukkan penampakan si meteor hijau. Di waktu yang bersamaan, warga setempat juga memanfaatkan momen tersebut untuk merekam meteor yang melintasi wilayah mereka.  Objek yang memiliki sebutan `shooting star` ini tidak hanya terbang melesat di wilayah Argentina saja.

Sejumlah saksi mata dari wilayah Uruguay dan wilayah Brasil pun menyebutkan jika mereka juka menyaksikan objek tersebut di malam yang sama. Seperti yang dilansir TechEblog, Selasa (04/08/2015), seorang peneliti senior di Department of Physics and Astronomy, University College London, Francisco Diego mengungkapkan jika sistem tata surya mempunyai banyak objek alami luar angkasa-

seperti puing-puing bebatuan yang terbang bebas di ruang hampa. Saat objek tersebut terbang melintasi Bumi, maka batu luar angkasa itu akan terbakar dan jatuh melewati lapisan atmosfer Bumi. Untuk objek batu yang berukuran besar disebut dengan bola api atau ‘fireball`. Dan terungkap jika objek yang baru saja melintas di wilayah Argentina beberapa hari lalu adalah fireball.

Tidak hanya bebatuan luar angkasa, di sana juga ada objek lain seperti satelit tua, potongan roket, dan `sampah luar angkasa` lainnya yang beredar di orbit rendah Bumi. Pada umumnya, objek-objek itu akan terbakar di atmosfer Bumi. Tetapi, dari peristiwa ini tidak perlu ada yang harus dikhawatirkan. Bagaimanapun, perlu diingat jika benda meteorit yang jatuh ke Bumi harus tetap diawasi sebab sewaktu-waktu bisa menciptakan kerusakan.

Berikut adalah video penampakan meteor hijau tersebut :

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: