Kecamatan Cipayung Depok Galakan Kegiatan ‘Operasi Semut’

Kecamatan Cipayung Depok Galakan Kegiatan 'Operasi Semut'

HarianDepok.com – Berita – Cipayung , Guna menjaga kebersihan di lingkungannya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok kerap melakukan sosialisasi terhadap instansi dan masyarakatnya agar selalu menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari bibit bibit penyakit yang biasa ditimbulkan oleh sampah.

Upaya Pemkot Depok tersebut dalam mengatasi kebersihan di wilayah kotanya disikapi oleh pihak Kecamatan Cipayung, Depok dengan melakukan ‘Operasi Semut’ yang dilakukannya di lingkungan kecamatan. Operasi yang dilakukan oleh staff Kecamatan Cipayung difokuskan kepada pembersihan saluran air, dan menata kembali tanaman yang ada di lingkungan Kecamatan.

Camat Kecamatan Cipayung, Asep Rahmat dalam menanggapi perihal tersebut mengatakan bahwa Operasi Semut yang saat ini biasa dilakukannya bersama sama dengan jajarannya, biasa dilakukan setiap hari Jum’at yang biasa digelar di Jalan Raya Cipayung dan ‘mobile’ ke beberapa kelurahan yang ada.

“Kegiatan ‘Operasi Semut’ ini biasa kami lakukan setiap hari Jum’at dengan target utamanya adalah lingkungan Kecamatan Cipayung. Ini kami lakukan agar lingkungan Kecamatan terlihat lebih bersih dan rapi pasca liburan panjang hari raya Idul Fitri kemarin,” ungkapnya kepada Radar Depok, Jum’at (31/07/2015).

Dalam teknis pelaksanaannya pada kegiatan tersebut Asep menjelaskan bahwa pada pengerjaannya para petugas dibagi dalam dua kelompok yang masing masing kelompok mempunyai tugas yang berbeda. Kelompok satu difokuskan untuk membersihkan saluran air dan memangkas rumput rumput liar yang tumbuh disekitar lingkungan dalam kantor serta menata tanaman yang ada.

Sedangkan kelompok yang kedua mendapatkan tugas membersihkan saluran air dari berbagai macam sampah plastik dan daun yang terbawa arus air di luar lingkungan kantor Kecamatan. Seperti yang diketahui bahwa, sampah yang terdapat disaluran air tersebut, jika dibiarkan begitu saja maka akan berdampak kepada tersumbatnya saluran air yang akan mengakibatkan banjir jika musim penghujan tiba.

Oleh sebab itu, Asep menghimbau kepada seluruh warga yang ada di Kecamatan Cipayung agar tidak membuang sampah di sembarang tempat untuk mencegah timbulnua hal hal yang tidak diinginkan seperti banjir, timbulnya bibit penyakit DBD dan yang lainnya sehingga bisa merugikan kesehatan dan pencemaran lingkungan.

“Saya menghimbau kepada seluruh warga Kecamatan Cipayung agar selalu membuang sampah pada tempatnya. Selain bisa meniaga kebersihan lingkungan, kegiatan buang sampah ditempatnya juga bisa mencegah adanya bibit penyakit yang ditimbulkan oleh sampah,” katanya.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)