Program Bersih Kota Masih Gencar Dilakukan Pemkot Depok

Kota Depok, Gelontorkan Dana APBD Sebesar 120 Milliar Guna Mengendalikan Sampah

HarianDepok.com – Berita , Upaya dalam menanggulangi permasalahan sampah di kotanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok saat ini terus melakukan beberapa program terkait permasalahan tersebut dengan menggandeng beberapa instansi terkaitnya guna mewujudkan kota Depok yang ramah lingkungan, bersih dan indah.

Beberapa program yang telah dijalankan oleh Pemkot Depok saat ini diantaranya adalah dengan melakukan kerjasama dengan Pemerintah Jepang dalam mengolah sampah kotanya agar dapat dimanfaatkan kembali dan bernilai ekonomis tinggi. Melakukan kegiatan razia tangkap tangan oleh tim khusus dengan melibatkan Satuan Polisi (Satpol) PP dilapangannya.

Tak hanya kegiatan tersebut saja yang dilakukan Pemkot Depok untuk menjadikan kotanya yang bersih dan bebas akan sampah, namun Pemkot Depok pun juga telah mengeluarkan aturan baru mengenai pengolahan sampah secara mandiri yang diwajibkan kepada seluruh masyarakatnya, agar volume sampah yang dihasilkan oleh masyarakat dapat diminimalisasikan.

Sampai saat ini, program dan aturan tersebut masih terus digalakkan oleh Pemkot Depok yang memang serius menangani kotanya dari sampah. Dari hasil yang dilakukan oleh Pemkot Depok tersebut sedikitnya volume sampah di wilayah kota Depok berkurang hingga tiga ribu ton kubik perharinya dan menangkap ratusan para pembuang sampah liar.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Depok, Zamrowi dalam tanggapannya mengenai tertangkapnya ratusan pembuang sampah liar di wilayah Depok mengatakan bahwa sampai saat ini para pembuang sampah liar sudah ditindak tegas dengan diberikan sanksi denda dan menjalani sidang di Pengadilan Negeri Depok.

“Para pembuang sampah yang tertangkap tangan, langsung kami amankan guna mempertanggungjawabkan perbuatannya di mata hukum. Satuan tim khusus Sampah pun sampai saat ini masih terus melakukan tugasnya dengan memantau sejumlah lokasi yang biasa dijadikan tempat pembuangan sampah liar,” terang Zamrowi di Depok, Kamis (30/07/2015).

Menurut penjelasannya, tim khusus sampah tersebut sudah berjalan selama dua bulan dengan tupoksinya menangkap para pelaku pembuang sampah liar di wilayah Depok dengan menyertakan Satpol PP. Target operasi tim khusus sampah difokuskan kepada saluran air, sungai dan tempat tempat umum lainnya.

Zamrowi pun juga menegaskan bahwa kegiatan tim khusus sampah tersebut akan terus dilakukan secara rutin, sampai kota Depok bersih dari para pembuang sampah liar. Menurut informasi yang dihimpun bahwa sampai saat ini tim khusus sampah sudah berhasil menangkap 150 pembuang sampah liar dan menindaknya dengan diberikan sanksi denda sebanyak 90 orang, 55 ditahan KTP nya dan 10 orang menjalani sidang.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: