Penemuan Puing Pesawat, Pejabat AS Kalim Itu Milik MH370

Penemuan Puing Pesawat, Pejabat AS Kalim Itu Milik MH370

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Babak baru dalam pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang lebih dari satu tahun lalu sudah muncul. Pada Rabu (29/07/2015) pihak kepolisian di pulau Reunion, samudra Hindia Prancis telah menemukan puing pesawat yang terdampar di area pantai Saint-Andre de la Reunion. Menurut seorang pejabat AS yang tidak mau disebut namanya menyebutkan pada AP jika penyidik keselamatan udara sudah menerima peringatan kemungkinan tinggi,-

bahwa puing tersebut merupakan komponen sayap unik milik Boeing 777. Pasalnya pesawat MH370 mempunyai model yang sama. Penyidik pun mengatakan jika komponen itu sebagai ‘flaperon’ yang merupakan bagian dari sayap milik Boeing 777. Menurut Xavier Tytelman yang merupakan ahli penerbangan Prancis, telah mengunggah sebuah foto kesamaan puing yang baru ditemukan dengan flaperon Boeing 777 dalam akun jejaring sosial Twitter miliknya @PeurAvion.

Penemuan Puing Pesawat, Pejabat AS Kalim Itu Milik MH370

Sementara menurut Greg Feith, seorang mantan penyidik biro keselamatan transportasi nasional mengungkapkan, nomor seri yang terdapat di puing dapat menunjukan keterkaitan atau tidaknya puing tersebut dengan MH370. Tytelman menyebutkan, jika dirinya dapat melihat sebagian dari nomor seri pada puing tersebut, yakni BB670. Walau demikian, nomor seri bisa saja tidak cocok dengan Boeing 777 yang hilang. Puing sepanjang sekitar dua meter itu ditemukan jauh di barat Australia, mendekati benua Afrika.

Jika benar demikian, pemerintah Australia dalam pernyataannya mengungkapkan bila memang puing tersebut berasal dari MH370, maka hal itu sesuai dengan analisis dan modeling selama ini. Jika pesawat berada di Samudra Hindia. “Ini berarti konsisten dengan teori selama ini jika pesawat jatuh di area 46 ribu mil persegi di bagian tenggara Australia,” tutur , Martin Dolan, kepala komisi biro keselamatan transportasi Australia.

Dengan penemuan ini akan menjadi sebuah petunjuk baru soal misteri hilangnya MH370 yang membawa 239 penumpang dan awak pesawat. Pihak berwenang baik dari Australia, Malaysia dan Cina mulai menyelidiki segala kemungkinan.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok