Resmi Rilis di Indonesia, Windows 10 Bisa Diunduh Secara Gratis

Resmi Rilis di Indonesia, Windows 10 Bisa Diunduh Secara Gratis

HarianDepok.com – Tekno , Pada Rabu (29/07/2015) kemarin Perusahaan pengembang software Microsoft resmi merilis sistem operasi Windows 10 di Indonesia yang akan menjadi pembaruan gratis untuk perangkat dengan system operasi Windows 7 serta Windows 8.1 orisinil. Dalam Windows 10 akan terdapat perubahan besar, dimana  tombol Start yang berada di bagian kiri bawah layar seperti halnya pada Windows 7 serta versi sebelumnya akan kembali di hadirkan. Microsoft juga menyematkan  aplikasi peramban terbaru ‘Microsoft Edge’ sebagai pengganti aplikasi Internet Explorer.

Di hari yang sama notifikasi untuk memperbarui Windows 10 secara gratis sudah diterima di komputer para pengguna. Beberapa fitur baru yang akan menjadi andalan yakni diantaranya aplikasi perintah suara Cortana yang sebelumnya sempat hadir di ponsel Windows Phone. Kemudian Fitur Windows Hello yang dapat membuka akses akun sebuah komputer dengan cara melakukan pengukuran pada proses biologis atau biometri.  Ia juga bisa memindai wajah si pengguna, dengan sidik jari untuk memverifikasi identitas.

Windows 10 untuk perangkat komputer juga tersedia dalam empat edisi, yakni Home untuk pengguna rumah tangga, Education untuk pelajar dan mahasiswa Pro untuk usaha kecil menengah, dan Enterprise untuk korporasi. Bagi para pengguna yang ingin membeli langsung Windows 10, sistem operasi ini untuk versi Home dibanderol dengan harga sekitar US$ 119, sementara untuk edisi Pro US$ 199, sedangkan bagi para pengguna yang ingin meng-upgrade dari versi Home ke Pro akan dikenakan biaya tambahan sebesar US$ 99.

Sistem operasi terbaru ini juga telah menyediakan edisi untuk perangkat mobile serta  perangkat kecil lainnya. Untuk perangkat ukuran kecil yang terhubung dengan Internet (Internet of Things) ada Windows 10 IoT Core. Sementara untuk perangkat ponsel pintar, tablet, dan konsol game Xbox ada Windows 10 Mobile yang sebelumnya Windows Phone. Windows 10 Mobile juga telah dioptimalkan untuk navigasi layar sentuh pada aplikasi perkantoran Office yang dilengkapi dengan dukungan Continuum,-

sebuah fitur yang memungkinkan ponsel pintar menjadi sebuah komputer pribadi Windows 10 bila dihubungkan ke layar dengan kabel HDMI.  Dan edisi yang terakhir, Microsoft juga menawarkan Windows 10 Mobile Enterprise untuk sebuah korporasi besar dengan lisensi sistem operasi pada perangkat smartphone dan tablet. Tetapi, sistem operasi untuk perangkat mobile ini tidak dirilis bersamaan dengan Windows 10 untuk sebuah perangkat komputer.

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok