Perekrutan Petugas Pengawas TPS di Kota Depok Akan Segera Dimulai

Perekrutan Petugas Pengawas TPS di Kota Depok Akan Segera Dimulai

HarianDepok.com – Berita – Pilkada Depok 2015 , Berbagai persiapan yang sudah dilakukan tim Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok dalam menghadapi acara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kota depok yang sebentar lagi akan digelar pada tanggal 09 Desember 2015 mendatang mulai dari pembentukan beberapa tim pengamanan untuk dilapangannya sampai kepada persiapan untuk para calon kandidat terpilih dari partai.

Tak hanya sampai disitu saja, tim Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok pun juga sudah mengumumkan kepada seluruh masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk menjadi petugas ‘Quick Count’ agar segera mendaftarkan diri untuk didata dan dijadikan rekan agar penghitungan surat suara nanti dapat dengan cepat terselesaikan.

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) pun juga sampai saat ini tengah melakukan hal yang sama dengan mempersiapkan para Petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara untuk ditempatkan di seluruh TPS yang ada di wilayah kota Depok yang dimaksudkan agar dapat mencegah adanya penggelembungan suara dan manipulasi di TPS yang ada sehingga dapat tercipta Pilkada yang jujur dan bersih.

Dalam persiapannya untuk merekrut para petugas pengawas TPS, dikabarkan Panwaslu tidak akan membatasi usia petugas dengan catatan bahwa petugas pengawas TPS haruslah sudah menjadi pemilih yang sah. Pembentukan petugas pengawas TPS tersebut rencananya akan dilakukan pada saat satu bulan sebelum pelaksanaan Pilkada Depok.

Dede Slamet Permana selaku anggota Panwaslu kota Depok dalam keterangannya mengenai hal tersebut mengatakan bahwa untuk menyeleksi pengawas TPS sudah tidak dibatasi lagi usianya, namun dengan catatan bahwa petugas tersebut haruslah terdaftar sebagai pemilik suara yang sah di Pilkada nanti.

“Untuk aturannya, petugas pengawas TPS haruslah berumur minimal 17 tahun atau dapat disebut juga sebagai pemilik suara yang sah,” ungkapnya kepada media di Depok, Selasa (29/07/2015).

Menurutnya dengan di berdayakan kaum muda sebagai petugas pengawas TPS nanti, diharapkan bisa meningkatkan pengamanan yang berlandaskan aturan yang berlaku. “Dengan diberdayakannya kaum muda, saya optimis pada Pilkada nanti bisa berjalan dengan aman dan lancar,” tandasnya.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)