Setelah Pancoranmas Depok Yang Menolak Diganti Lurahnya, Kini Mekarsari pun Melakukan Hal Yang Sama

Setelah Pancoranmas Depok Yang Menolak Diganti Lurahnya, Kini Mekarsari pun Melakukan Hal Yang Sama

HarianDepok.com – Berita – Cimanggis , Rotasi jabatan lurah yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok saat ini yang dimaksudkan untuk menjadikan seluruh instansinya yang ada di wilayah kota Depok agar dapat lebih baik lagi dalam melayani masyarakat dianggap sebagai hal yang tidak efektif oleh beberapa masyarakat Depok saat ini.

Menurutnya, rotasi jabatan lurah yang saat ini dilakukan oleh Pemkot Depok ke instansinya tersebut dianggap tidak berdasar karena hingga sampai saat ini masih banyak masyarakat yang masih nyaman dengan kepemimpinan lurah yang lama.

Salah satu wilayah di kota Depok yang dengan tegas menolak adanya rotasi jabatan tersebut adalah warga Kelurahan Pancoran Mas yang beberapa waktu lalu melakukan aksi penolakan terhadap Lurah yang baru, Ahmad untuk digantikan kembali dengan Lurah yang lama, Lurah Sudadih.

Hal ini disebabkan karena pada orde kepemimpinan Lurah lama yang dianggap masyarakatnya sudah bisa menangani permasalahan dengan baik dan tidak berpihak kepada manapun. Dari hasil penolakan rotasi jabatan di Kelurahan Pancoranmas kemarin, beberapa fasilitas kantor kelurahan pun menjadi imbas kekecewaan masyarakatnya.

Tak jauh berbeda dengan masyarakat Kelurahan Mekarsari, Depok, yang juga menolak adanya pergantian jabatan tersebut di wilayahnya karena dianggap tidak efektif. Forum Masyarakat Peduli Mekarsari (MPM) salah satunya yang dengan tegas mengaku kecewa terhadap keputusan Pemkot Depok tersebut.

Khairul Anwar, salah satu anggota Forum Masyarakat Peduli Mekarsari salah satu orang yang menolak adanya keputusan Pemkot Depok tersebut mengaku bahwa tindakan tersebut dianggapnya tidak berdasar sebab sampai saat ini Lurah Mekarsari dianggap sebagai pemimpin yang ramah dan dekat dengan masyarakat.

Jika ada suatu permasalahan di wilayah Mekarsari, Lurah pun juga tak sungkan sungkan untuk turun kelapangan guna melihat situasi dan kondisi tersebut. “Lurah Mekarsari yang saat ini terbilang loyal dan peduli terhadap aspirasi masyarakat, jika diundang untuk menghadiri acara di lingkungab RW maupun RT, beliau tak sungkan sungkan hadir,” tuturnya di Depok, Senin (27/07/2015).

Menurutnya rotasi jabatan yang dilakukan Pemkot Depok saat ini dianggap terlalu cepat, jika masih terus dilakukan maka akan menambah panjang daftar masalah yang ada, sebab dengan digantikannya posisi Lurah yang lama dengan yang baru maka akan berdampak kepada penyesuaian kembali sehingga memakan waktu.

“Agar Lurah baru dapat mengetahui dan mengenal wilayah, paling lambat memakan waktu berbulan bulan bahkan bisa lebih, itupun juga belum tentu yang bersangkutan tahu dan mengerti bagaimana kondisi lingkungan di wilayahnya. Jika tetap dilakukan maka para Lurah hanya akan belajar terus, kapan dong perbaikannya kalau digonta ganti terus,” katanya.

Meski dirinya diliputi rasa kecewa yang mendalam terhadap putusan Pemkot Depok tersebut, dirinya sangat berharap kepada Lurah yang baru nanti agar bisa cepat melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin dengan berlandaskan kepada kepentingan umum.

“Semoga masyarakat Kelurahan Mekarsari mendapatkan lurah pengganti yang lebih baik lagi, yang dapat mengayomi masyarakat dengan tulus dan ikhlas untuk membantu menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di Mekarsari ini dengan maksimal,” tuturnya.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: